UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 155/I SRIDADI

Desria, Yesi (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MEDIA APLIKASI CANVA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 155/I SRIDADI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
abstrakk.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (80kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
FULL SKRIPSII..pdf

Download (4MB)
[img] Text
halaman pengesahan .pdf

Download (212kB)
Official URL: https://respository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas IV SDN 55/I Sridadi. Minat belajar siswa dalam pembelajaran kurang terlihat, komunikasi pembelajaran terjadi dengan satu arah, dan tahapan pembelajaran hanya mengacu dari apa yang ada di buku pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa melalui pembelajaran kontekstual berbasis media Canva pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi pada Januari-Februari 2024. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 55/I Sridadi dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan juga menggunakan angket. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan pada setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kontekstual berbasis media Canva pada proses pembelajaraan dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada analisis data setiap siklus pertemuan. Siklus I pertemuan I sebesar 44,4%, siklus I pertemuan 2 52,6%, siklus II pertemuan I 68,4%, pada siklus II pertemuan 2 sebesar 78,9% yang mengalami peningkatan sebanyak 10,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual berbasis media Canva dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV Sekolah Dasar. Terbukti dengan keberhasilan penelitian ini. Minat belajar peserta didik dapat meningkat dengan pembelajaran kontekstual berbasis media Canva. This research was motivated by the low interest in learning of class IV students at SDN 55/I Sridadi. Students' interest in learning is less visible, learning communication occurs in one direction, and learning stages only refer to what is in the learning book. This research is Classroom Action Research which aims to describe increasing students' interest in learning through contextual learning based on Canva media in Pancasila Education learning in class IV SDN 55/I Sridadi. This research was conducted at SDN 55/I Sridadi in January-February 2024. The subjects of this research were class IV students at SDN 55/I Sridadi with a total of 20 students consisting of 10 men and 10 women. Research data was obtained by observation, interviews and also using questionnaires. This research data was analyzed qualitatively and quantitatively. This research was carried out in two cycles and each cycle consisted of two meetings with stages, namely: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The research results show that applying contextual learning based on Canva media in the learning process can increase students' interest in learning. This improvement can be seen in data analysis for each meeting cycle. Cycle I meeting I was 44.4%, cycle I meeting 2 52.6%, cycle II meeting I 68.4%, in cycle II meeting 2 it was 78.9% which had an increase of 10.5%. Based on the research results, it can be concluded that the application of contextual learning based on Canva media can increase students' interest in learning Pancasila education in class IV elementary school. This is proven by the success of this research. Students' interest in learning can increase with contextual learning based on Canva media.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Canva, Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Desria
Date Deposited: 16 May 2024 07:08
Last Modified: 16 May 2024 07:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63707

Actions (login required)

View Item View Item