PENGGUNAAN PENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN Kipas DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Reni, Ellisa lestari (2024) PENGGUNAAN PENDEKATAN TaRL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN Kipas DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas jambi.

[img] Text
FULL TESIS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (8kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (449kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (365kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan yang dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini dilakukan pendekatan TaRL, subjek penelitian pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V dengan subjek 13peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian yaitu observasi dan tes. Hasil pada penelitian ini dimana mengalami peningkatan dimana pada awal pratindakan mendapat presentase keaktifan belajar sebesar 42,62% pada siklus I pertemuan I setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan pendekatan TaRL meningkat menjadi 49,35%, pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 54,48%, pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 60,89%, pada silus II petemuan II meningkat menjadi 68,26, pada siklus III pertemuan I meningkat menjadi 73,07% dan pada siklus III pertemuan II meningkat menjadi 80,12%. Dan hasil tindakan pada hasil belajar peserta didik sebelum di berikan tindakan nilai persentase ketuntasan klasikal siswa adalah sebesar 15,38%, setelah di berikan tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 34,61% dan kemudian terjadi peningkatan kembali pada Siklus II dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 53,84% dan kemudian terjadi peningkatan kembali pada Siklus III dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 80,76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dimana dapat dilihat bahwasanya dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakanpendekatan TaRL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan; Hasil Belajar; IPAS; TaRL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Reni ellisa lestari
Date Deposited: 16 May 2024 07:14
Last Modified: 16 May 2024 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63740

Actions (login required)

View Item View Item