Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Meta-Skills Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA

Amanda, Rika and Siburian, Jodion and Mataniari, Raissa Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Meta-Skills Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Syntax Literate. ISSN 2541-0849

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (448kB)

Abstract

Meta-skills berperan penting untuk menciptakan pembelajaran yang adaptif dan mendorong keberhasilan proses pembelajaran. Namun, pengukuran meta-skills di Indonesia belum banyak dilakukan. Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran juga tergolong kurang optimal, mengakibatkan hasil belajar juga kurang optimal. Permasalahan tersebut dapat disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada guru. Upaya mengoptimalkan hasil belajar siswa, diperlukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh model PjBL terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kota Jambi adalah jenis kuantitatif, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental reseach) dengan rancangan Non-randomized control-group prestest posttest design. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner untuk mengukur meta-skills, tes esai untuk mengukur hasil belajar kognitif, serta observasi untuk keterlaksanaan sintaks model pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian telah divalidasi. Analisis data menggunakan teknik uji One Way Mancova. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Implementasi model PjBL berpengaruh terhadap meta-skills siswa dengan signifikasi 0,001< 0,05. 2) Implementasi model PjBL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan signifikasi 0,001< 0,05. 3) Implementasi model PjBL berpengaruh terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa dengan signifikasi 0,001< 0,05. Implementasi model PjBL memberikan pengaruh yang besar dengan effect size partial eta square 0,219 terhadap meta-skills dan hasil belajar kognitif siswa.

Type: Article
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Meta-skills, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Amanda
Date Deposited: 21 May 2024 02:56
Last Modified: 21 May 2024 02:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63861

Actions (login required)

View Item View Item