PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 003/IX SENAUNG

Shakila, Ayuni and Sastrawati, Eka and Pamela, Issaura Sherly (2024) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 003/IX SENAUNG. S1 thesis, Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

[img] Text
AYUNI SHAKILA_FULL.pdf

Download (7MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (64kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN,HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)

Abstract

Shakila, Ayuni, 2024. “Penerapan model kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan motivasi belajar siswa berbantuan media pop up book pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 003/IX Senaung”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Eka Sastrawati, S.Pd., M.Pd (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Make A Match, Pop Up Book, Motivasi Belajar, Matematika Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada muatan Matematika kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 003/IX Senaung, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Setelah itu data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Pop Up Book pada muatan Matematika mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan siswa mengalami peningkatan motivasi dengan memperhatikan tiap indikator motivasi dalam belajarnya dapat terlihat pada setiap siklus pertemuan. Pada siklus I diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa hanya berada pada klasifikasi “sedang” dengan persentase hanya mencapai 61,8% artinya belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka meningkat pada klasifikasi “Tinggi” dengan persentase mencapai 72,1%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Make a Match berbantuan media Pop Up Book pada muatan Matematika dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 003/IX Senaung. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya tiap indikator motivasi pada tiap siklus pertemuannya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Shakila
Date Deposited: 20 May 2024 01:58
Last Modified: 20 May 2024 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63899

Actions (login required)

View Item View Item