PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN GENTALA ARASY UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Monika, Marina Selfia and Sastrawati, Eka and Budiono, Hendra (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA BANGUNAN GENTALA ARASY UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
full skripsi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (76kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengembangkan video animasi berbasis etnomatematika pada bangunan Gentala Arasy untuk siswa kelas II Sekolah Dasar (2) untuk mengetahui tingkat kelayakan dari Video animasi berbasis etnomatematika pada bangunan Gentala Arasy untuk siswa kelas II Sekolah Dasar berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media (3) Mendeskripsikan tingkat kepraktisan dari video animasi berbasis etnomatematika pada bangunan Gentala Arasy kelas II Sekolah Dasar menggunakan aplikasi canva. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Adapun data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 80/1 KM 3 Muara Bulian, pada Februari 2024. Data penelitian ini didapat melalui angket validasi oleh validator, angket praktisi, angket respon peserta didik serta wawancara kepada guru dan peserta didik. Setelah itu data dianalisis untuk mendapatkan hasil kelayakan dari video animasi berbasis etnomatematika yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa video animasi berbasis etnomatematika pada bangunan Gentala Arasy untuk siswa kelas II Sekolah Dasar yang proses pengembangannya melalui model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid, hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,4 dengan kategori valid, hasil angket respon guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat praktis, hasil angket respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil diperoleh skor rata-rata 4,8 dan pada uji coba kelompok besar diperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis etnomatematika pada bangunan Gentala Arasy untuk siswa kelas II Sekolah Dasar sangat valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan pada pembelajaran matematika materi bangun datar dan bangun ruang kelas II Sekolah Dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video animasi, etnomatematika, Gentala Arasy, bangun datar dan bangun ruang. Animation video, ethnomathematics, Gentala Arasy, building planes and building space.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Monika
Date Deposited: 20 May 2024 03:42
Last Modified: 20 May 2024 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63908

Actions (login required)

View Item View Item