PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA

Fatmawati, Dewi and Siburian, Jodion and Mataniari, Raissa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA. Jurnal Lentera Pendidikan, 22 (1). pp. 1-17. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Ilmiah.pdf

Download (332kB)

Abstract

Kurangnya kemampuan metakognitif dapat berdampak terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kondisi ini disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang kurang melatih kemampuan metakognitif siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa, yakni model Project Based Learning (PjBL). Model PjBL memiliki keunggulan dalam setiap tahapan pembelajarannya yang secara aktif melibatkan siswa dalam proses belajar. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan metakognitif dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen semu rancangan Non-randomized Control-Group Prestest Posttest Design. Subjek penelitian menggunakan kelas XI SMAN 1 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian yang diambil terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini divalidasi oleh dosen pembimbing. Data penelitian berupa hasil kuesioner MAI, pretest, postest dianalisis menggunakan Uji One Way Ancova dan Quade’s rank test analysis of covariance dengan bantuan software SPSS For Windows. Model pembelajaran di kelas eksperimen maupun kontrol telah terlaksana dengan konsisten pada tiga pertemuan. Terdapat peningkatan rata – rata kemampuan metakognitif senilai 84,5 dan hasil belajar kognitif senilai 76. Berdasarkan hasil uji hipotesis quade’s rank, terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan metakognitif. Hasil uji hipotesis menggunakan oneway ancova menunjukkan adanya pengaruh model project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dapat disimpulkan model pembelajaran project based learning berpengaruh dengan nilai signifikansi 0,001<0,05.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: FATMAWATI
Date Deposited: 21 May 2024 02:55
Last Modified: 21 May 2024 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63928

Actions (login required)

View Item View Item