VARIASI BAHASA GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MATERI TEKS PROSEDUR DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI

., Legianingsih (2024) VARIASI BAHASA GURU DAN SISWA DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM MATERI TEKS PROSEDUR DI SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (487kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi bahasa guru dan siswa yang digunakan dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi teks prosedur di SMP Negeri 11 Kota Jambi dan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi pada November 2023. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi dan kode serta pengkodean. Setelah itu, data dianalisis secara kualitatif dengan analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penggunaan variasi bahasa ragam resmi, ragam konsultatif, ragam santai, dan ragam akrab. Variasi tersebut digunakan oleh guru dengan siswa maupun sebaliknya dan siswa dengan siswa. Variasi bahasa yang banyak ditemukan ialah penggunaan ragam konsultatif. Adapun faktor yang mempengaruhi variasi bahasa guru dan siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia terdiri atas faktor situasional dan faktor sosial. Faktor situasional terdiri atas siapa yang berbicara dengan bahasa apa, kepada siapa, di mana, kapan, dan mengenai masalah apa. Faktor sosial terdiri dari status sosial, tingkat pendidikan, usia, dan jenis kelamin. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lain yang ingin meneliti mengenai variasi bahasa dari segi lainnya. Disarankan kepada guru lebih memperbanyak menggunakan variasi bahasa agar dapat dijadikan sebagai contoh untuk ditiru oleh siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai penggunaan bahasa khususnya kepada siswa agar menggunakan bahasa dengan baik dan benar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: variasi bahasa, guru, siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Legianingsih
Date Deposited: 20 May 2024 07:27
Last Modified: 17 Jul 2024 05:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63935

Actions (login required)

View Item View Item