KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI KOMUNIKASI PASAR TEPAT WAKTU BAGI PEMASARAN LOKAL, DOMESTIK, DAN EKSPOR PRODUK AGRIBISNIS KABUPATEN KERINCI

Khairinal, Khairinal (2014) KEBUTUHAN SISTEM INFORMASI KOMUNIKASI PASAR TEPAT WAKTU BAGI PEMASARAN LOKAL, DOMESTIK, DAN EKSPOR PRODUK AGRIBISNIS KABUPATEN KERINCI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi, seri Humaniora, Lemlit Universitas Jambi., 16 (1). pp. 35-44. ISSN 0852-8349

[img] Text
REVIEW JURNAL SERI HUMANIORA (7).pdf

Download (707kB)

Abstract

Abstract Fenomena yang terjadi selama ini pengusaha agribisnis/petani produsen belum menggunakan jasa sistem informasi komunikasi pasar tepat waktu. Sehingga pengusaha agribisnis tidak mengetahui harga pasar yang sebenarnya sehingga menjual produk dengan harga murah, produsen akan selalu dirugikan karena menjual produk dengan harga murah, pendapatan petani produsen tetap selalu rendah dan hidup di bawah garis kemiskinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode riset partisipatoris yaitu kegiatan yang dilakukan oleh peneliti mengikuti dan memahami serta membahas masalah-masalah yang dihadapi masyarakat produsen/pedagang agribisnis dan juga melakukan pola pembinaannya. Untuk itu, peneliti bertemu langsung dengan masyarakat produsen/pedagang agribisnis dan menjalin persahabatan dengan sejumlah anggota masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan penelitian. Metode ini berdampingan dengan menggunakan pendekatan Descriptive analysis untuk menjawab masalah yang memerlukan keterangan, gambaran dan sejenisnya secara faktual dan aktual. Populasi dalam penelitian ini adalah populasi terhingga. Sampel Penelitian ada di wilayah sentra produksi agribisnis Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci. Hasil penelitian, pengusaha agribisnis terutama petani agribisnis sebagian belum menggunakan komunikasi pasar tepat waktu dan sebagian sudah menggunakan komunikasi pasar tepat waktu. Bagi pedagang perantara sudah melakukan sistem informasi komunikasi pasar tepat waktu baik untuk pemasaran lokal, domestik dan ekspor dan dapat menggunakannya dengan baik dan benar. Pengusaha agribisnis sudah dibina untuk dapat mengetahui harga pasar dengan menggunakan media komunikasi telepon rumah dan handphone. Oleh karena itu petani produsen dan pedagang agribisnis agar membentuk jejaring informasi komunikasi pasar pada semua pedagang agen di luar provinsi dan semua pedagang agen di luar pulau dan membentuk wadah persatuan informasi harga serta bersatu dalam menentukan harga pasar dan tidak saling menjatuhkan harga. Kata Kunci: Komunikasi Pasar, Pemasaran Lokal, Domestik dan Ekspor, Prpduk Agribisnis.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Khairinal
Date Deposited: 17 Dec 2018 03:07
Last Modified: 17 Dec 2018 03:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6399

Actions (login required)

View Item View Item