Hutagalung, Soly Deo Glorya and Darmaji, Darmaji and Sirait, Jeliana Veronika (2024) PENGARUH KEMAMPUAN SISWA DALAM OPERASI DASAR MATEMATIKA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI GERAK LURUS. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 20 (2). ISSN 2548-6373
![]() |
Text
Artikel JSPF_SOLY DEO GLORYA HUTAGALUNG.pdf - Accepted Version Download (592kB) |
![]() |
Text
[JSPF] Soly Deo Glorya Hutagalung, Darmaji Darmaji, Jeliana Veronika Sirait _ Surat Keterangan Publikasi.pdf Download (269kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa SMAN 6 Kota Jambi pada materi gerak lurus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Desain penelitian yang digunakan yaitu kausal asosiatif untuk melihat hubungan sebab akibat antar dua variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengambilan data kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika siswa dan pemahaman konsep menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda, sedangkan untuk data minat belajar menggunakan instrumen kuesioner (angket). Kemudian dilakukan analisis data uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan bantuan software SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika terhadap minat belajar fisika siswa SMAN 6 Kota Jambi, dengan presentase kontribusi pengaruh sebesar 1.9% sedangkan 98.1% lainnnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Sedangkan untuk kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika terhadap pemahaman konsep dalam materi gerak lurus dapat disimpulkan memiliki pengaruh, dengan persentase kontribusi 7.1% sedangkan 92.9% lainnnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kemudian untuk persamaan regresi kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika terhadap minat belajar sebesar Y=74.037+0.256X yang berarti setiap ada penambahan nilai X sebesar 1 maka nilai Y juga bertambah sebesar 0.256. Untuk persamaan regresi kemampuan siswa dalam operasi dasar matematika terhadap pemahaman konsep sebesar Y=51.976+0.353X yang berarti setiap ada penambahan nilai X sebesar 1 maka nilai Y juga bertambah sebesar 0.353.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Hutagalung |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:25 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |