dwi putri, syella (2018) identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di SMA Adyaksa 1 Kota Jambi. konsep diri. (Unpublished)
Text
COVER SYELLA.pdf Download (32kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) |
|
Text
BAB l.pdf Download (380kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena di lapangan yang terjadi pada siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi.Menurut guru pembimbing siswayang memiliki prestasi belajar rendah memiliki konsep diri yang negatif,dimana mereka cenderung tidak memiliki kepercayaan diri,memiliki pandangan dan sikap yang negatif tentang kemampuan dirinya dan cenderung melawan peraturan yang ditetapkan sekolah.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan pada proporsi manakah faktor peranan kemampuan dan penampilan fisik,faktor peranan harga diri,faktor keluarga dan faktor peranan teman sebaya dalam mempengaruhi konsep diri siswa yang memiliki prestasi beajar rendah di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Penelitian ini dibatasipadafaktorperanan kemampuan dan penampilan fisik,faktor peranan harga diri,faktor keluarga dan faktor peranan teman sebaya dalam mempengaruhi konsep diri siswa di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi, hal tersebut sesuai dengan yang disebutkan olehSaam & Sri (2014:94)bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri adalah faktor peranan kemampuan dan penampilan fisik,peranan harga diri,keluarga dan peranan teman sebaya Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi dengan total 44 orang.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Total Sampling yaitu seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian dengann sedikitnya 36 (Sutja,dkk, 2017:102).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan 32 item/ pertanyaan. Data yang diperoleh di olah menggunakan rumus persentase Hasil pengolahan data yang didapatkan adalah faktor peranan kemampuan dan penampilan fisik berada pada proporsi sebagian Kecil(21%), faktor harga diri berada pada proporsi sebagian kecil(21%), faktor peranan keluarga berada pada proporsi sebagian kecil (28%)dan faktor peranan teman sebaya berada pada proporsi sebagian kecil(30%).Hasil penelitian ini memberi saran kepada guru agar tidak menilai faktor yang mempengaruhi konsep diri hanya berdasarkan satu faktor saja,namun banyak faktor lain seperti faktor peranan kemampuan dan penampilan fisik,peranan harga diri,keluarga dan peranan teman sebaya. Saran kepada guru BK dengan hasil penelitian ini yaitu dapat membantu siswa berprestasi belajar rendah yang memiliki masalah dengan konsep diri untuk mengebangkan kemampuan dengan baik, lebih percaya diri dan menerima diri dengan utuh apa adanya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | SYELLA DWI PUTRI |
Date Deposited: | 18 Dec 2018 03:10 |
Last Modified: | 18 Dec 2018 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6409 |
Actions (login required)
View Item |