Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi

Safitri, Desi (2018) Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Siswa yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah di Kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi. Penyesuaian Dri. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Dok baru 2018-12-17 12.03.46_6.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I FINISH-converted.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB V FINISH.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian deskriptif yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 8 Kota Jambi ini didasari dengan fenomena yang terjadi di SMP Negeri 8 Kota Jambi bahwa di sekolah tersebut banyak siswa yang memiliki prestasi belajar rendah dan juga ditemukan adanya beberapa masalah yakni beberapa siswa memiliki penyesuaian diri yang rendah pula. Lebih konkrit lagi masalahnya adalah siswa yang menganggap dirinya tidak mampu cenderung tidak percaya diri, sehingga siswa tersebut pun tidak mampu beradaptasi dengan temannya. Penelitian ini dibatasi pada permasalahan faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri siswa menurut Schneiders dalam Ali & Asrori (2012:181-189) yaitu: kondisi fisik, unsur-unsur kepribadian, proses belajar, lingkungan, serta agama dan budaya. Namun karena keterbatasan waktu dan tenaga, peneliti membatasi yakni pada faktor kondisi fisik, kepribadian, proses belajar, lingkungan, serta agama. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling, sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang siswa yang memiliki prestasi belajar rendah yang didapat dari leger nilai semester ganjil TA 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan instrument angket dikhotomis dengan 2 (dua) pilihan jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yaitu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat itu atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Temuan penelitian ini: (1) faktor Kondisi fisik proporsi sebagian kecil (18%), (2) faktor unsur-unsur kepribadian proporsi sebagian kecil (20%), (3)faktor proses belajar proporsi sebagian kecil (16%), (4) faktor lingkungan proporsi sebagian kecil (25%), dan (5) faktor agama proporsi sebagian kecil (21%). Hal ini membuktikan bahwasannya faktor tersebut mempengaruhi proses penyesuaian diri siswa meskipun hanya sebagian kecil. Adapun saran peneliti adalah diharapkan guru pembimbing mampu mengarahkan siswa bagaimana menyikapi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri dengan baik, sehingga penyesuaian diri siswa berprestasi belajar rendah dapat berkembang dengan baik pula.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DESI SAFITRI
Date Deposited: 18 Dec 2018 03:08
Last Modified: 18 Dec 2018 03:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6411

Actions (login required)

View Item View Item