Pengembangan e-Modul Berbasis PjBL Dalam Mendaur Ulang Limbah Sampah Sebagai Implementasi Prinsip Green Chemistry Untuk Kelas X SMA

Maharani, Charenina Elvira (2024) Pengembangan e-Modul Berbasis PjBL Dalam Mendaur Ulang Limbah Sampah Sebagai Implementasi Prinsip Green Chemistry Untuk Kelas X SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (33kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (179kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Praktik-praktik ramah lingkungan, termasuk penggunaan prinsip-prinsip green chemistry, semakin penting di era ini, dengan fokus pada pengelolaan limbah yang berkelanjutan. Project Based Learning (PjBL) menjadi model pembelajaran yang efektif untuk memfasilitasi pemahaman dan implementasi prinsip-prinsip green chemistry dalam mendaur ulang limbah sampah. Tujuan penelitian adalah mengembangkan e-modul berbasis PjBL dalam mendaur ulang limbah sampah untuk memicu minat belajar kimia dan menilai kelayakan teoritis serta praktisnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrumen penilitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi & media serta dinilai oleh guru yang selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan memiliki tingkat kelayakan yang tinggi menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, dengan skor rata-rata mencapai 3,7 hingga 3,8 dalam kategori "sangat layak" yang berada dalam rentang 3,25 hingga 4,0. Respons siswa terhadap e-modul juga sangat positif, mencapai 87,75%, menunjukkan penerimaan yang baik terhadap penggunaan e-modul tersebut dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: e-modul, PjBL, daur ulang sampah, kimia hijau
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Maharani
Date Deposited: 29 May 2024 03:37
Last Modified: 29 May 2024 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64161

Actions (login required)

View Item View Item