Anggraini, Indri (2024) Hubungan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi. Hubungan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (518kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Skripsi Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Dalam proses pengerjaan tugas, peserta didik terkadang dihadapkan terhadap beberapa distraksi internal maupun eksternal sehingga tidak jarang peserta didik menunda pengerjaan tugas dan berakhir dengan keterlambatan pengumpulan. Kecenderungan untuk menunda mengerjakan tugas- tugas akademik dalam dunia pendidikan dikenal dengan istilah prokrastinasi akademik. Regulasi diri dipercaya sebagai salah satu faktor yang mampu mengurangi perilaku penundaan pada siswa. Tujuan: untuk mengetahui hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Negeri 4 Kota Jambi. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Populasi penelitian ini ialah siswa kelas XI SMK Negeri 4 Kota Jambi. Pengambilan sampling menggunakan teknik random sampling dengan sampel sebanyak 197 orang. Instrumen pengumpulan data ialah skala Regulasi Diri dan Prokrastinasi Akademik. Hasil: Hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa di SMK Negeri 4 Kota Jambi menghasilkan korelasi negatif signifikan dengan nilai r sebesar -0,627 dan p = 0,000 (p <0,05) Kesimpulan : Terdapat hubungan negatif antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik. Semakin tinggi regulasi diri maka semakin rendah perilaku prokrastinasi akademik, begitupun sebaliknya. Kata Kunci: Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Siswa Background: In the process of completing assignments, students are sometimes faced with several internal and external disturbances so that it is not uncommon for students to be late in completing assignments and end up with late submission. The tendency to delay doing academic assignments in the world of education is known as academic procrastination. Self-regulation is believed to be one of the factors that can reduce procrastination behavior in students. Objective: The objective of this study was to verify the relationship between self- regulation and academic procrastination in students at SMK Negeri 4 Jambi City. Methods: This research uses a correlational quantitative approach. The population of this study was class XI students at SMK Negeri 4 Jambi City. Sampling used a random sampling technique with a sample size of 197 people. The data collection instruments are the Self-Regulation and Academic Procrastination scales. Results: The relationship between self-regulation and students academic procrastination at SMK Negeri 4 Jambi City produced a significant negative correlation with an r value of -0.627 and p = 0.000 (p < 0.05). Conclusion: There is a negative relationship between self-regulation and academic procrastination. The higher the self-regulation, the lower the academic procrastination behavior. Keywords: Self-Regulation, Academic Procrastination, Student
Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | Anggraini |
Date Deposited: | 31 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64216 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |