Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Melalui Media Konkret Pada Kelas 1 Fase A SDN 182/1 Hutan Lindung

Afifah, Putri (2024) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Matematika Siswa Melalui Media Konkret Pada Kelas 1 Fase A SDN 182/1 Hutan Lindung. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK (1) (2).pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB V (2) (3).pdf

Download (343kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN (2).pdf

Download (469kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (660kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (13MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan penggunaan media konkret dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa di Kelas 1 Fase A SDN 182/1 Hutan Lindung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas tentang bagaimana penerapan media konkret dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 fase A SDN 182/1 Hutan Lindung. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes.Subyek Penelitian adalah siswa kelas 1 fase A SDN 182/1 Hutan Lindung yang berjumlah 20 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung siswa pada proses pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan melalui media konkret di kelas 1 fase A SDN 182/1 Hutan Lindung.Hal ini ditunjukkan dengan data pada kondisi awal kemampuan berhitung siswa persentase klasikalnya adalah 42,32% dan hasil tesnya 53,3% kemudian mengalami peningkatan persentase klasikal kemampuan berhitung pada siklus I menjadi 64,17% dan hasil tesnya 71,65%. Persentase pada siklus II adalah 91,65% dan hasil tes kemampuan berhitungnya 91,87%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media konkret dapat meningkatkan kemampuan berhitung matematika siswa pada kelas 1 fase A SDN 182/1 Hutan Lindung. Saran dalam penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa, guru hendaknya lebih kreatif dan inovatif dalam memahami karakteristik siswa dan memperhatikan sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berhitung, Media Konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Afifah
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:25
Last Modified: 04 Jun 2024 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64228

Actions (login required)

View Item View Item