Analisis Apersepsi dan Pengalaman Mahasiswa dalam Merealisasikan Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi

Putra, Yoga Pratama (2024) Analisis Apersepsi dan Pengalaman Mahasiswa dalam Merealisasikan Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
ABSTRAK_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI_YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (302kB)
[img] Text
COVER_SKRIPSI YOGA PRATAMA PUTRA_A1A120016_PENDIDIKAN EKONOMI.pdf

Download (357kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi Era Society 5.0 yang semakin kompleks. Program Kampus Mengajar, bagian dari inisiatif Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi strategi utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama di daerah terpencil yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk mengajar di sekolah dasar dan menengah pertama. Namun, tantangan besar masih terjadi, terkait dengan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan apersepsi, pengalaman praktik mengajar serta keterbatasan infrastruktur di sekolah. Diperlukan upaya lebih lanjut untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan baik, Hal ini akan membantu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan menciptakan generasi yang siap menghadapi masa depan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan apersepsi dan pengalaman mahasiswa dalam merealisasikan Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi, (2) Hambatan dan solusi dalam merealisasikan Program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data penelitian ini adalah 2 mahasiswa kampus mengajar 3, guru pamong, operator sekolah, dosen pembimbing lapangan, dan koordinator PT MBKM. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur dengan pengambilan sampel dengan purposive sampling. Kemudian Analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis Miles & Huberman. Setelah memperoleh data, peneliti menggunakan aplikasi NVivo12 untuk mengelompokkan dan menganlisis data yang diperoleh dari narasumber penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi program Kampus Mengajar 3 di SD Negeri 115/IV Kota Jambi telah berhasil menerapkan transformasi kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka dengan fokus pada penerapan konsep apersepsi dalam pembelajaran. Mahasiswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap konsep tersebut dengan menggunakan berbagai pendekatan holistik dalam pembelajaran. Namun, masih perlu meningkatkan inovasi dan kreativitas dalam metode pembelajaran untuk mengatasi kebosanan dan ketidakberagaman metode. (2) Tantangan utama meliputi kurangnya pengalaman praktik belajar dan mengajar serta kendala teknis dalam mengelola kelas. Upaya telah dilakukan untuk mengatasi tantangan tersebut, seperti kolaborasi antara mahasiswa dan guru serta integrasi teknologi dalam pembelajaran, guna meningkatkan efektivitas pembelajaran dan mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Kata Kunci: Apersepsi, Pengalaman, Kampus Mengajar 3

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Apersepsi, Pengalaman, Kampus Mengajar 3
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Putra
Date Deposited: 31 May 2024 02:35
Last Modified: 31 May 2024 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64249

Actions (login required)

View Item View Item