Septiani, Anisa (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dari Kesiapan Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Anisa Septiani-A1C220003-Skripsi Fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Halaman Judul Cover.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB I ANISA.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (465kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa di SMP N 9 Muaro Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan model konvensional. Berdasarkan tuntutan kurikulum merdeka yang harus diterapkan secara serentak sehingga diperlukan inovasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kesiapan belajar siswa sehingga dapat mewujudkan tujuan dari penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bentuk aljabar terhadap kemampuan penalaran matematis kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design dengan populasinya adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian adalah kelas VII D yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII B yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket kesiapan belajar siswa, hasil pretest dan hasil postest kemampuan penalaran matematis, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa: pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model problem based learning (pbl) memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. Berdasarkan uji t terhadap data posttest dan uji omega squared diperoleh pengaruh penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dari Kesiapan Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning sebesar 15,75%. Kemudian pengaruh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa disetiap kesiapan belajar yaitu kesiapan belajar tinggi, sedang dan rendah masing-masing sebesar 17,26%, 30,48% dan 46,41%, sehingga peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kesiapan belajar rendah lebih unggul.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Problem Based Learning, Penalaran Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Septiani |
Date Deposited: | 31 May 2024 02:35 |
Last Modified: | 31 May 2024 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |