Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dari Kesiapan Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi

Septiani, Anisa (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dari Kesiapan Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Bentuk Aljabar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Anisa Septiani-A1C220003-Skripsi Fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Halaman Judul Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I ANISA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa di SMP N 9 Muaro Jambi serta model pembelajaran yang diterapkan di kelas masih menggunakan model konvensional. Berdasarkan tuntutan kurikulum merdeka yang harus diterapkan secara serentak sehingga diperlukan inovasi dalam menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. Oleh karena itu, guru perlu mengetahui kesiapan belajar siswa sehingga dapat mewujudkan tujuan dari penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) pada materi bentuk aljabar terhadap kemampuan penalaran matematis kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design dengan populasinya adalah siswa kelas VII. Sampel penelitian adalah kelas VII D yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas VII B yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non-tes. Data penelitian diperoleh berdasarkan hasil angket kesiapan belajar siswa, hasil pretest dan hasil postest kemampuan penalaran matematis, serta hasil lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian diperoleh bahwa: pembelajaran berdiferensiasi dari kesiapan belajar siswa dengan model problem based learning (pbl) memberikan pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bentuk aljabar kelas VII SMP N 9 Muaro Jambi. Berdasarkan uji t terhadap data posttest dan uji omega squared diperoleh pengaruh penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dari Kesiapan Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning sebesar 15,75%. Kemudian pengaruh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa disetiap kesiapan belajar yaitu kesiapan belajar tinggi, sedang dan rendah masing-masing sebesar 17,26%, 30,48% dan 46,41%, sehingga peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada kesiapan belajar rendah lebih unggul.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kesiapan Belajar, Problem Based Learning, Penalaran Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Septiani
Date Deposited: 31 May 2024 02:35
Last Modified: 31 May 2024 02:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64255

Actions (login required)

View Item View Item