Penerapan Metode Inquiri-Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantau Pandan

Rispa, Amelia (2024) Penerapan Metode Inquiri-Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Rantau Pandan. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK AMEL.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1 AMEL.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB 5 AMEL.pdf

Download (38kB)
[img] Text
JUDUL COVER SKRIPSI AMEL.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AMEL.pdf

Download (155kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL AMELIA upload.pdf

Download (4MB)
[img] Text
PENGESAHAN AMELIA.pdf

Download (122kB)
Official URL: http://respository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTSRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di mana dilakukan tindakan terhadap kelas yang dipilih dengan menerapkan metode pembelajaran pada mata pelajaran Bola Voli. Populasi penelitian berjumlah 23 siswa dari kelas IX B SMP Negeri 1 Rantau Pandan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam dua siklus, terdapat perbedaan nilai yang signifikan. Sebelum tindakan, ketuntasan klasikal hanya 21% dari 23 siswa. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode inkuiri-discovery, terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar pada siklus I menjadi 13 siswa dengan ketuntasan 56%, meningkat dari sebelum diberikannya tindakan. Namun, karena ketuntasan klasikal yang ditargetkan adalah 75%, maka penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, ketuntasan klasikal meningkat menjadi 100% dengan 23 siswa mencapai ketuntasan. Dari hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa pembelajaran yang menggunakan penerapan metode inkuiri-discovery dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman dan pelaksanaan praktik pada siswa dalam pembelajaran dengan metode ini lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Inkuiri Discovery; Hasil Belajar; Passing Bawah Application of Inquiry-Discovery Method to Improve Volleyball Bottom Passing Learning Outcomes of Class IX Students of SMP Negeri 1 Rantau Pandan ABSTSRAK The purpose of this study was to find out if there was an improvement in volleyball bottom passing learning outcomes in students. This study used the Classroom Action Research (PTK) method, where actions were taken on the selected class by applying learning methods to Volleyball subjects. The study population amounted to 23 students from class IX B SMP Negeri 1 Rantau Pandan. Based on the results of research conducted in two cycles, there are significant differences in values. Before the action, classical completeness was only 21% of the 23 students. After learning was carried out by applying the inquiry-discovery method, there was an increase in the percentage of learning completeness in the first cycle to 13 students with 56% completeness, an increase from before the action was given. However, because the targeted classical completeness is 75%, the research is continued to cycle II. In cycle II, classical completeness increased to 100% with 23 students achieving completion. From the results of the study, it can be seen that learning using the application of inquiry- discovery methods can increase the percentage of learning completeness significantly.This shows that understanding and implementing practices in students in learning with this method is more effective in improving student learning outcomes. Keywords: Inquiry Discovery; Learning Outcomes; Bottom Passing

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Discovery; Learning Outcomes; Bottom Passing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: Rispa
Date Deposited: 31 May 2024 06:53
Last Modified: 31 May 2024 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64259

Actions (login required)

View Item View Item