Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Tema 5 Di Kelas III SDN 111/1 Muara Bulian

Dewi, Kartini Putri (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Pada Tema 5 Di Kelas III SDN 111/1 Muara Bulian. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (33kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (142kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran project based learning bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada tema 5 muatan PKn di kelas III SDN 111/1 Muara Bulian. Teknik pengumpulan data penelitian ini dimulai dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada tema 5 kelas III SDN 111/1 Muara Bulian telah diterapkan dengan baik. Pelaksanaan model pembelajaran project Based Learning membuat peserta didik kelas III lebih aktif dan menumbuhkan keberanian, peserta didik menggali sendiri pengetahuannya dengan cara mengamati dan bertanya kepada guru dan teman. Keberlanjutan dari pelaksanaan model pembelajaran project based learning berupa pemahaman materi yang dipelajari, diskusi, presentasi di depan kelas. Hasil penelitian ini adalah siklus I pertemuan I sebanyak 52,04% dengan kategori “kurang aktif”, siklus I pertemuan II 59,85% dengan kategori “cukup aktif” dengan peningkatan sebanyak 7,81%. Pada siklus II pertemuan I yaitu 63,10% dengan kategori “cukup aktif” dengan peningkatan sebanyak 3,25% dan siklus II pertemuan II 78,72% mengalami peningkatan sebanyak 15,62%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas III SDN 111/1 Muara Bulian. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan setiap indikator keaktifan peserta didik pada tiap siklus pertemuan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning,Keaktifan Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dewi
Date Deposited: 03 Jun 2024 04:28
Last Modified: 03 Jun 2024 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64269

Actions (login required)

View Item View Item