Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VI

Herwanto, Joni and Sofyan, sofyan and Idrus, Ali (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
TESIS JONI HERWANTO_11zon.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan bahan ajar yang ada di sekolah yang hanya menggunakan buku tema sebagai satu-satunya bahan ajar yang ada. Selain itu, alat bantu belajar siswa yang digunakan untuk pemahaman konsep bilangan bulat hanya terbatas pada garis bilangan. Sedangkan untuk proses operasi hitung bilangan bulat yang melibatkan bilangan bulat negatif sangat sulit diterapkan dengan hanya alat bantu visual berupa garis bilangan. Karena itulah penulis yertarik untuk mengembangkan bahan ajar pendamping berupa LKPD yang berbasis inkuiri termbimbing untuk memudahkan siswa dalam pengerjaan operasi bilangan bulat. Landasan teori yang paling mendasar dalam penelitian ini adalah teori belajar kosntrukstivisme, dan teori pendekatan inkuri terbimbing, selain teori belajar lainnya. Inkuri terbimbing memungkinkan siswa untuk menemukan sendiri jawaban atas masalah sampai pada kesimpulan. Sedangkan teori belajar kontruktivisme memungkinkan siswa membangun pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan yang sudah ada. Lembar Kerja Peserta Didik ini dikembangkan dengan pola penjumlahan yang sudah dikuasai siswa, kemudian ke pola penjumlahan bilangan bulat negatif, sampai pada pengurangan bilangan bulat dan akhirnya siswa sampai pada titik kesimpulan tentang bagaimana mengerjakan operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development atau R&D yang menghasilan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik. Prosedur pengembanganya menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Desigh (Perancangan), Devolepment (Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Pada proses pengembangan berdasarkan validasi oleh alhli media dan materi, Lembar Kerja Peserta Didik ini berada pada katagorie “sangat valid”. Sedangkan berdasarkan tanggapan praktisi guru dan siswa, berada pada katagori “valid”. Demikian juga pada hasil tes kemampuan akhir siswa pada uji kelompok kecil dan uji lapangan lembar kerja peserta didik ini berada pada katagori efektif. Berdasarkan uji coba produk dan validasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuri untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VI yang dikembangkan ini sangat layak untuk digunakan

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Inkuri terbimbing,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Joni Herwanto
Date Deposited: 05 Jun 2024 06:35
Last Modified: 13 Jun 2024 11:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64366

Actions (login required)

View Item View Item