Sumbulatim Miatu Habbah, Eka (2024) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN 110/I TENAM. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_EKA SUMBULATIM MIATU HABBAH_A1D120087.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (297kB) |
Abstract
Habbah, Eka Sumbulatim Miatu. 2024. Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 110/I Tenam: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd., (2) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Discovery Learning, Media Audio Visual Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Discovery Learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 110/I Tenam. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SDN 110/I Tenam masih rendah, dengan hasil observasi motivasi belajar peserta didik sebesar 41,05% Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan data berupa data observasi melalui lembar observasi pengamatan motivasi belajar peserta didik dan observasi guru menerapkan model Discovery Learning berbantuan media audio visual serta dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan model Discovery Learning berbantuan media audio visual mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS. Hal ini karena peserta didik mengalami peningkatan motivasi belajar dengan memperhatikan tiap indikator motivasi belajar yang dapat terlihat pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar peserta didik siklus I pertemuan I motivasi belajar peserta didik sebesar 52,36% dan meningkat pada siklus I pertemuan II sebesar 12,37% menjadi 64,73%. Berdasarkan persentase secara klasikal pada siklus I, motivasi belajar peserta didik sebesar 58,54%. Kemudian, hasil observasi pada siklus II pertemuan I sebesar 77,63% dan meningkat pada siklus II pertemuan II sebesar 6,19% sehingga pada siklus II pertemuan II menjadi 83,82%. Berdasarkan persentase secara klasikal pada siklus II, motivasi belajar peserta didik sebesar 80,72%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 110/I Tenam.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Model Discovery Learning, Media Audio Visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HABBAH |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |