Huda, Nuzulul (2024) PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA JURUSAN PIPS ANGKATAN 2021 UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover_.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan__compressed.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_NUZULUL HUDA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1_17-24.pdf Download (457kB) |
![]() |
Text
BAB 5_96-98.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_99-102.pdf Download (451kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakang oleh mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial 2021 yang memiliki prestasi belajar yang baik namun tidak berminat melanjutkan studi s2. Dan banyaknya mahasiswa jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial angakatan 2021 mempertimbangkan untuk minat melanjut studi s2 dengan ekonomi keluarganya. Penilitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh setiap variabel yaitu Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap minat Melanjutkan Studi s2 pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2021 Universitas Jambi. Penelitian dilakukan di Universitas Jambi pada maret 2023. Penelitian ini merupakan kuantitatif deskriptif alat pengumpulan data Menggunakan angket melalui google from yang disebar pada grup whatsApp mahasiswa dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis berganda, uji t, uji f, dan uji koefesien determinasi. Hasil penelitian terdapat Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 pada mahasiswa Angkatan 2021 di Jurusan PIPS FKIP UNJA. Berdasarkan analisis regresi, ditemukan bahwa Prestasi Belajar (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 (Y) dengan thitung sebesar 5,711 dan nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar berperan penting dalam meningkatkan minat melanjutkan studi ke jenjang S2. Sementara itu, Ekonomi Keluarga (X2) tidak memiliki pengaruh positif secara parsial terhadap Minat Melanjutkan Studi S2, dengan thitung sebesar -11,824 dan nilai signifikan 0,000. Kesimpulan ini menunjukkan bahwa faktor ekonomi keluarga tidak secara langsung mempengaruhi minat mahasiswa untuk melanjutkan studi ke S2. Selain itu, analisis simultan menunjukkan bahwa kedua variabel independen (Prestasi Belajar dan Ekonomi Keluarga) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Minat Melanjutkan Studi S2 dengan nilai Fhitung sebesar 115,371 dan nilai signifikan 0,000. Temuan ini menegaskan pentingnya kombinasi faktor akademik dan ekonomi dalam menentukan minat mahasiswa untuk melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pembuat kebijakan dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan minat studi lanjutan mahasiswa. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Ekonomi Keluarga, Minat Mrlanjutkan Studi S2
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Ekonomi Keluarga, Minat Melanjutkan Studi S2 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | HUDA |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:10 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64597 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |