Aulianisa, Dinta (2024) PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PROFESIONAL PADA MAHASISWA JURUSAN PIPS ANGKATAN 2020 FKIP UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI DINTA AULIANISA.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (465kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
Abstract
Dalam meningkatkan kualitas pendidikan diperlukan peran guru yang berkualitas dan kompeten melalui sertifikasi guru, namun beberapa lulusan dari perguruan tinggi yang belum siap untuk memasuki dunia kerja karena belum memenuhi kompetensi guru, setelah dilakukan observasi pada mahasiswa jurusan PIPS angkatan 2020 Universitas Jambi sebagian besar ditemukan belum yakin untuk memilih Persepsi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan rendahnya motivasi belajar untuk menjadi guru profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Pendidikan Profesi Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Mahasiswa Jurusan PIPS Angkatan 2020 FKIP Universitas Jambi baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan PIPS Angkatan 2020 Universitas Jambi sebanyak 191 orang dan diambil secara simple random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex-post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan google form. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan secara parsial bahwa variabel persepsi pendidikan profesi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional, dengan nilai nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 18,323 > 1,657 dan nilai sig 0,000 < 0,05. secara parsial variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 23,069 > 1,657 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Secara simultan persepsi pendidikan profesi guru dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan menjadi guru profesional dengan nilai uji F, nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 361,449 > 3,07 dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan persepsi pendidikan profesi guru dan motivasi belajar serta kaitannya dengan kesiapan menjadi guru profesional, serta diharapkan dapat menjadi literatur agar dapat memiliki persepsi program pendidikan profesi guru yang baik dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru profesional.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Pendidikan Profesi Guru, Motivasi Belajar, Kesiapan Menjadi Guru Profesional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Aulianisa |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:43 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |