PENGARUH KECEMASAN AKADEMIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI

Riska, Riska and Sutja, Akmal and Alridho Lubis, Muhammad (2024) PENGARUH KECEMASAN AKADEMIK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan halaman pengesahan.pdf

Download (163kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
Dafus.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah-masalah yang terkait dengan keaktifan belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar mahasiswa dapat dipengaruh oleh berbagai faktor salah satunya kecemasan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan tingkat keaktifan mahasiswa terhadap keaktifan belajar pada proses pembelajaran dan kecemasan akademik serta mengungkapkan pengaruh kecemasan akademik terhadap keaktifan belajar.Pada penelitian ini yang dapat dirasakan kecemasan akademik yaitu kecemasan menimbulkan aktivitas mental, perhatian yang salah, distress secara fisik, dan perilaku yang tepat,adapun keaktifan belajar mahasiswa dibatasi tentang bagaimana cara mahasiswa berpartisipasi baik dari aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan dan aktivitas menulis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost-facto. Adapun untuk penarikan sampel menggunakan Teknik Simple Random Sampling dengan tingkat kepercayaan ɑ.0,05 dengan Formula Slovin. Populasi berjumlah 215 orang dan sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 140 orang mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2021 dan angkatan 2022 Universitas Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan kuesioner atau angket dengan menggunakan skala likert serta teknik analisis data adalah persentase dan regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan akademik memiliki persentase sebesar 61% dalam tingkat “tinggi” sedangkan keaktifan belajar 59% dalam tingkat ‘sedang”. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kecemasan akademik(X) memiliki pengaruh terhadap keaktifan belajar (Y) sebesar 5,8% yang diartikan memiliki pengaruh yang “rendah tapi pasti”’ Kata Kunci: pengaruh, kecemasan akademik, keaktifan belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Riska
Date Deposited: 07 Jun 2024 02:15
Last Modified: 07 Jun 2024 02:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64611

Actions (login required)

View Item View Item