Rosyidah, Winda (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP DAYA INGAT MAHASISWA PADA MATA KULIAH ISTIMA’ PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB. S1 thesis, Pendidikan Bahasa Arab.
![]() |
Text
Skripsi_Winda Rosyidah (2).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (162kB) |
Abstract
Rosyidah, Winda. 2024. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Daya Ingat Mahasiswa Pada Mata Kuliah Istima’ Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Sobri, S.Pd.I., M.Pd., (II) Neldi Harianto, S.Pd.I., M.A. Kata Kunci: Aplikasi Youtube, Daya Ingat, Istima’ Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi Youtube terhadap daya ingat mahasiswa pada mata kuliah istima’ program studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Jambi pada November 2023 – April 2024. Data penelitian ini diperoleh dari penyebaran angket dan soal tes kepada sampel yaitu mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab angkatan tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh variabel X (Penggunaan Aplikasi Youtube) terhadap variabel Y (Daya Ingat Mahasiswa) karena hasil r hitung dari uji korelasi ini adalah 0,413 > 0,2907 dengan N = 44 dan nilai sig. 2-tailed adalah 0,046 < 0,05. Seperti yang tercantum pada tabel interpretasi korelasi, bahwa 0,413 termasuk pada kategori korelasi sedang dan bentuk hubungannya positif. Kemudian didapatkan hasil analisis regresi linear sederhana dengan melihat Anova table, didapatkan hasil nilai F hitung = 0,541 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,047 < 0,05, yang berarti bahwa model regresi memiliki pengaruh variabel X (Penggunaan Aplikasi Youtube) terhadap variabel Y (Daya Ingat Mahasiswa). Besarnya nilai korelasi dengan melihat tabel model summary sebesar 0,113 yang berarti bahwa besarnya pengaruh penggunaan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran terhadap daya ingat mahasiswa adalah 11,3%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Rosyidah |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:35 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64624 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |