PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (VIDEO BISU) MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA JAMBI

Br Siburian, Hotna (2024) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL (VIDEO BISU) MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB _1.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (17kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (55kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Siburian, Hotna. 2024. Penggunaan Media Visual (Video Bisu) Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smpn 1 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, pembimbing : (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd, (II) Lusia Oktri Wini, M.Pd Kata kunci : Teks Prosedur, Media pembelajaran, media Visual (Video Bisu) Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran yang dipergunakan guru dalam proses pembelajaran. Media ajar yang digunakan guru cenderung monoton, akibatnya siswa kuramg minat dalam keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dari penggunaan media visual (Video Bisu) dalam pembelajaran menulis teks prosedur di kelas VII E SMPN 1 Kota Jambi yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan pembahasan. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sumber data yang diambil merupakan siswa kelas VII sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang terlaksana dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan domunentasi. Berlandaskan hasil dari penelitian, proses pembelajaran materi menulis teks prosedur melalui perantara media video yang telah dilakukan disertakan dengan modul ajar yang telah dirancang dan diselesaikan oleh guru. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui kemampuan menulis teks prosedur dengan menggunakan media visual (video bisu) siswa kelas VII SMPN 1 Kota Jambi berpredikat sangat mampu. Hal ini terbukti dengan perolehan nilai rata-rata dari penilai 1 dan penilai 2 sebesar Judul 87,7, tujuan 77,5, alat dan bahan 86,langkah-langkah 90 dan penutup 8. Nilai tersebut dilihat dari tabel interval nilai yang berada pada kategori sangat mampu. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru lebih memperbanyak penggunaan media pembelajaran yang bervariasi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: SIBURIAN
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:51
Last Modified: 07 Jun 2024 06:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64669

Actions (login required)

View Item View Item