Agustina, Ulan (2024) Pengembangan Perangkat Pembelajaran PJBL Terintegrasi STEM Berbasis Konten Lokal Jambi (Lemang Bambu) Materi Suhu dan Kalor. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (704kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (203kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait ketersediaan perangkat pembelajaran disekolah. Ketersediaan perangkat pembelajaran pada saat ini belum sepenuhnya memadai dilihat dari ketersediaan RPP dan LKPD yang digunakan masih belum menggunakan model pengintegrasian. Perangkat pembelajaran yang tersedia hanya mengaitkan konsep fisika dengan kehidupan sehari-hari dan belum dikaitkan dengan konten lokal. Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dari perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal Jambi (Lemang bambu) pada materi suhu dan kalor yang akan dikembangkan serta mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu pendefinisian (define), Perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian tahapan hanya dilakukan sampai develop saja. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 32 orang yang merupakan siswa kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Validasi produk dilakukan oleh dua orang ahli serta satu guru mata pelajaran fisika SMA Adhyaksa 1 jambi. Kemudian dilihat dari respon peserta didik terhadap perangkat yang dikembangkan. Hasil kelayakan produk yang dikembangkan diperoleh dari hasil validasi ahli yang terdiri dari 3 validator.Hasil validasi akhir RPP diperoleh skor sebesar 96,34% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan tanpa revisi. Nilai validasi akhir LKPD diperoleh skor sebesar 98,34% dengan kategori sangat baik dan layak digunakan tanpa revisi. Selanjutnya hasil uji kepraktisan dengan melihat respon peserta didik melalui lembar angket respon yang disebarkan diperoleh skor sebesar 84% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM berbasis konten lokal jambi (lemang bambu) pada materi suhu dan kalor dinyatakan sangat baik dan layak digunakan serta mendapat respon positif untuk dijadikan perangkat dalam pembelajaran This research is based on problems related to the availability of learning devices in schools. The availability of learning tools at this time is not yet fully adequate as seen from the availability of the RPP and LKPD used which still do not use an integration model. The available learning tools only link physics concepts to everyday life and are not yet linked to local content. This research aims to determine the feasibility of an integrated PjBL STEM learning tool based on local Jambi (Lemang Bamboo) content on temperature and heat material that will be developed and to determine students' responses to the product being developed. This type of research is research and development (Research and Development) with a 4D development model which consists of 4 stages, namely definition, design, development stage and disseminate stage. However, the research stages are only carried out until development. The test subjects in this study consisted of 32 people who were students of class XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Product validation was carried out by two experts and one physics subject teacher at Adhyaksa 1 Jambi High School. Then it is seen from the students' responses to the devices developed. The results of the feasibility of the product being developed were obtained from the results of expert validation consisting of 3 validators. The final validation results of the RPP obtained a score of 96.34% in the very good category and suitable for use without revision. The final validation value of the LKPD obtained a score of 98.34% in the very good category and suitable for use without revision. Furthermore, the results of the practicality test by looking at students' responses through the response questionnaire sheets distributed obtained a score of 84% in the good category. It can be concluded that the PjBL integrated STEM learning tool based on local Jambi content (lemang bamboo) on temperature and heat material was declared very good and suitable for use and received a positive response to be used as a learning tool.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning tools, project based learning, STEM, Temperature and Heat. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | AGUSTINA |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:41 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64676 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |