PENGEMBANGAN MEDIA REATMART (READY TO SMART) SEBAGAI ALAT BANTU MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Risdaliani, Risdaliani (2024) PENGEMBANGAN MEDIA REATMART (READY TO SMART) SEBAGAI ALAT BANTU MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (841kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik kelas I yang belum bisa membaca dari total 21 peserta didik, sebanyak 19 peserta didik masih kesulitan dalam membaca. Buku yang diberikan kurang menarik minat peserta didik sehingga mereka tidak tertarik untuk belajar membaca. Wali kelas yang dapat dikategorikan sebagai seseorang yang tidak lagi dalam usia muda, akan kesulitan jika harus mengajar membaca setelah kegiatan pembelajaran (sekolah) selesai. Guru menginginkan peserta didik juga dapat belajar di rumah tidak hanya di sekolah, namun ternyata kendala yang terjadi di rumah orang tua juga tidak mengajarkan peserta didik membaca karena kurangnya dukungan serta perhatian orang tua dalam mengajarkan keterampilan membaca pada anak-anak mereka. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di Sekolah Dasar, (2) Mendeskripsikan kevalidan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di Sekolah Dasar, (3) Mendeskripsikan kepraktisan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian berupa pengembangan media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di Sekolah Dasar. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan DDD-E (decide, design, develop, evaluate). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 56/I Desa Aro. Data penelitian diperoleh dari validasi materi, dan validasi media serta diperoleh juga data dari angket respon guru dan wawancara peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan langkah-langkah pengembangan media Reatmart dengan memanfaatkan Canva, Power point, Ispring suite dan Website 2 apk builder serta validasi dari penilaian ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,17 dengan kategori valid, dan dari penilaian ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,71 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil dari penilaian angket respon guru memperoleh nilai rata-rata 4,77 dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan juga dilihat dari respon peserta didik dan dapat diartikan bahwa media Reatmart sangat praktis digunakan sebagai alat bantu membaca permulaan. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa media Reatmart (Ready to Smart) sebagai alat bantu membaca permulaan di Sekolah Dasar ini valid dan sangat praktis. Media Reatmart (Ready to Smart) yang dikembangkan layak digunakan dalam proses belajar membaca.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media pembelajaran, Membaca Permulaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Risdaliani
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:57
Last Modified: 11 Jun 2024 01:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64700

Actions (login required)

View Item View Item