Pengaruh komunikasi interpersonal keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 19 kota jambi

Sari, Nindita melan (2018) Pengaruh komunikasi interpersonal keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMP N 19 kota jambi. Komunikasi interpersonal keluarga, motivasi belajar siswa. (Unpublished)

[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Dok baru 2018-12-21_1.pdf

Download (719kB)

Abstract

udul Skripsi : “Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi “. Nama : NINDITA MELAN SARI NIM : A1E114010 Pembimbing Skripsi I : Dr. Akmal Sutja, M.Pd Pembimbing Skripsi II : Freddi Sarman, S. Pd, M. Pd Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Belajar, Siswa Faktor luar yang mempengaruhi motivasi belajar adalah komunikasi interpersonal keluarga. Adanya komunikasi yang baik antara dengan anak akan dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Komunikasi yang dilakukan oleh orang tua dengan anak harus dilandasi hubungan yang mesra, penuh kasih sayang dan pengertian. Hasil pengamatan tersebut, menarik perhatian penulis melakukan penelitian di SMP Negeri 19 Kota Jambi untuk mengukur pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu : Untuk mengungkap pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah jenis penelitian asosiasif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga pengaruh antara dua variabel atau lebih dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan maksud memberikan peluang bagi anggota populasi untuk menjadi sampel dengan sampel penelitian 70 orang siswa Hasil penghitungan dari persentase diperoleh 27 siswa yang tidak mempunyai komunikasi interpersonal dengan hasil persentase 38.57%. Dan pada motivasi belajar 18 siswa tidak mempunyai tingkat motivasi belajar yang sangat tinggi dengan hasil persentase 25.71%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh koefisien rxy hitung sebesar 0,715 lebih besar dari r tabel sebesar 0.2352 . rhitung > rtabel (0,715 > 0.2352). Dari hasil penelitian pengaruh komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi sebesar 51.1%, sedangkan sisanya sebesar 48.9% dijelaskan oleh faktor - faktor lain diluar dari variabel komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya hal ini berarti semakin baik komunikasi interpersonal maka motivasi belajar siswa untuk belajar akan semakin tinggi. Tingginya motivasi belajar siswa maka hasil belajarnya juga akan semakin tinggi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NINDITA MELAN SARI
Date Deposited: 26 Dec 2018 03:05
Last Modified: 26 Dec 2018 03:05
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6471

Actions (login required)

View Item View Item