Afifah, Nisaul (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PJBL TERINTEGRASI STEM BERBASIS KONTEN LOKAL JAMBI (KELINTANG JOLO) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (421kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (630kB) |
Abstract
ABSTRAK Afifah, Nisaul. 2024. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pjbl Terintegrasi STEM Berbasis Konten Lokal Jambi (Kelintang Jolo) Pada Materi Gelombang Bunyi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Haerul Pathoni, S.Pd., M.PFis., (II) Alrizal, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: gelombang bunyi, kelintang jolo, konten lokal, perangkat pembelajaran, PjBL terintegrasi STEM. Mata pelajaran fisika seringkali dianggap sulit oleh peserta didik, karena memerlukan pemahaman rumus dan penerapannya dalam perhitungan. Hal ini menyebabkan banyak peserta didik kesulitan mempelajari fisika karena tidak melihat relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat pembelajaran merupakan alat yang diciptakan oleh pendidik untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran yang efektif. Namun, berdasarkan observasi awal di SMAN 5 Batanghari, perangkat pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut dianggap belum memadai karena pendidik hanya mengikuti rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang kurang detail dalam aktivitas pembelajaran. Pembelajaran yang tidak kontekstual dan tidak mengintegrasikan kearifan lokal sebagai sumber belajar membuat peserta didik sulit untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran PjBL terintegrasi STEM dengan kearifan lokal Jambi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D, yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini, peneliti hanya mengembangkan produk hingga tahap pengembangan. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu pendidik. Hasil penelitian ini berupa perangkat pembelajaran PjBL berbasis STEM yang terintegrasi dengan konten lokal dari Jambi pada topik gelombang bunyi, yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Hasil kelayakan pengembangan perangkat pembelajaran RPP oleh dosen ahli mencapai 94,71% dan oleh guru mencapai 96,47%. Sementara itu, hasil kelayakan produk LKPD yang dikembangkan oleh dosen ahli mencapai 96% dan oleh guru mencapai 97%. Kemudian, untuk hasil kepraktisan LKPD, diperoleh skor persentase rata-rata 93,14% dengan kategori "sangat baik". Dengan demikian, produk RPP dan LKPD layak untuk diimplementasikan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gelombang bunyi, kelintang jolo, konten lokal, perangkat pembelajaran, PjBL terintegrasi STEM |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Afifah |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |