Auliana, Nur (2024) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mozaik dari Bahan Alam pada Anak Kelompok B4 TK Islam Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI AULIA FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (146kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukkan bahwa, kemampuan fisik motorik halus anak kelompok B4 Di TK Islam Al-Falah Kota Jambi beberapa anak masih belum berkembang. Hal ini terlihat pada saat proses melakukan kegiatan pembelajaran anak mewarnai huruf hijaiyah, sebagian masih kaku dalam memegang pensil sehingga hasilnya gambar anak tersebut belum rapi dan saat mewarnai masih ada yang keluar dari garis. Penelitian ini bertjuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mozaik dari bahan alam pada anak kelompok B4 TK Islam Al-Falah Kota Jambi dimana media yang digunakan kurang menarik, anak masih belum antusias dalam menyelesaikan mozaik, dan contoh yang diberikan oleh guru kurang rinci dalam setiap langkah-langkahnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri tiga (3) kali pertemuan. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun kelompok B4 TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Data diperoleh menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas bahwa kemampuan motorik halus pada anak mengalami peningkatan sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan berdasarkan pada aspek penilaian yang tertera pada instrumen penelitian. Hasil penelitian sebelum diberi tindakan rata-rata kemampuan motorik halus anak hanya 29,96% dari 17 anak dengan diadakannya kegiatan mozaik dari bahan alam pada anak kelompok B4 TK Islam Al-Falah Kota Jambi mengalami peningkatan, dimana peningkatan tersebut terjadi secara bertahap. Pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 51,10% dari 17 orang anak, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan mencapai 81,25% dari 17 orang anak. Dimana dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 30,15 %. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kegiatan mozaik dari bahan alam dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B4 di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. This study is motivated by the observations of researchers in the field which show that, the physical ability of fine motor skills of children in group B4 at Al-Falah Islamic Kindergarten, Jambi City, some children are still not developing. This can be seen during the process of doing learning activities for children coloring hijaiyah letters, some are still stiff in holding a pencil so that the results of the child's drawing are not neat and when coloring there are still out of line. This study aims to improve fine motor skills through mosaic activities from natural materials in group B4 children at Al-Falah Islamic Kindergarten, Jambi City where the media used are less interesting, children are still not enthusiastic about completing mosaics, and the examples given by the teacher are less detailed in each step. This type of research is Classroom Action Research (PTK) carried out in two cycles, each cycle consisting of three (3) meetings. The research procedure for each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted on children aged 5-6 years in group B4 of Al-Falah Islamic Kindergarten, Jambi City. Data were obtained using observation, interview, and documentation methods. based on the results of Classroom Action Research that fine motor skills in children have increased according to predetermined success indicators based on the assessment aspects listed on the research instrument. The results of the study before being given action the average fine motor skills of children were only 29.96% of 17 children with the holding of mosaic activities from natural materials in group B4 children at Al-Falah Islamic Kindergarten, Jambi City experienced an increase, where the increase occurred gradually. In cycle I there was an increase of 51.10% of 17 children, then in cycle II there was an increase of 81.25% of 17 children. Where from cycle I to cycle II there was an increase of 30.15%. Thus it can be said that mosaic activities from natural materials can improve the fine motor skills of children in group B4 at Al-Falah Islamic Kindergarten, Jambi City.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motorik Halus Anak, Mozaik dari Bahan Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | AULIANA |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 08:31 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 08:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |