PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI INSEKTA UNTUK SMA

AWLIA, FAIZATUL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI INSEKTA UNTUK SMA. JURNAL PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI INSEKTA UNTUK SMA.

[img] Text
0. Cover luar.pdf

Download (23kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Awlia, Faizatul. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Pada Materi Insekta Untuk SMA : Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., Pembimbing (II) Mia Aina, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Video, Interaktif, Insekta Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif pada materi insekta untuk SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE, dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mempermudah guru dalam proses pembelajaran salah satu nya dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan adalah video interaktif. Penelitian ini dilakukan di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi pada Mei 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kepada kelompok kecil yang terdiri dari 6 siswa, kelompok besar 26 siswa dan 1 guru bidang studi biologi. Hasil penelitian ahli media pada validasi tahap I memberikan penilaian sebesar 53,3% dengan kategori “sangat baik”, dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 88,3% dengan kategori “sangat baik”. Ahli materi memberikan penilaian sebanyak 2 kali, yaitu validasi tahap I sebesar 58,3% dengan kategori “sangat baik” dan validasi tahap II persentase meningkat menjadi 88,3% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penilaian melalui satu kali penilitian oleh 1 guru biologi diperoleh respon 92,5% dengan kategori “sangat baik”. Ujicoba pada siswa dengan kelompok kecil diperoleh respon 89,6% dengan kategori “sangat baik” dan ujicoba pada siswa kelompok besar diperoleh respon 77,4% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa video interaktif telah layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: FAIZATUL AWLIA
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:11
Last Modified: 26 Dec 2018 08:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6482

Actions (login required)

View Item View Item