Fadhila, Ayu (2024) PENGEMBANGAN e-MODUL MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS ETNOKIMIA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL PENGEMBANGAN e-MODUL MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS ETNOKIMIA.pdf Download (627kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (221kB) |
Abstract
Mata pelajaran kimia adalah mata pelajaran yang berfokus pada bagaimana siswa memahami konsep, prinsip, hukum dan teori kimia serta keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendeketan etnokimia merupakan sebuah konsep pembelajaran kimia yang terintegritasi dengan budaya yang dapat membantu siswa belajar di dalam kelas maupun secara mandiri sesuai dengan tuntutan kurikulum yang mengedepankan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis etnokimia menurut ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru mata pelajaran kimia dan mengetahui respon siswa terhadap media yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif komentar dan saran dan analisi data kuantitatif (rata-rata jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini dianalisis dan diolah secara deskriptif menggunakan skala Likert. Diperoleh bahwa e-modul materi larutan penyangga berbasis etnokimia mendapat hasil kelayakan oleh ahli materi sebesar 4 dengan kategori Layak, ahli media sebesar 4,7 dengan kategori Sangat Layak, penilaian guru sebesar 4,8 dengan kategori Sangat Layak, serta mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa dengan persentase respon siswa sebesar 92,9%. Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul materi larutan penyangga berbasis etnokimia sudah layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | FADHILA |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |