Shahnaz, Chika IMPLEMENTASI SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KUALA TUNGKAL. IMPLEMENTASI SERTIFIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 KUALA TUNGKAL. (Unpublished)
![]() |
Text
Cover (1).pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI FIX.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (156kB) |
Abstract
Shahnaz, C, H. (2018). Implementasi sertifikasi guru dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal. Dr. Drs. Ali Idrus, M.Pd,. ME. Dr.Drs. Yusdi Anra, M.Pd,. Kata Kunci: Sertifikasi Guru, Kinerja Guru Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi sertifikasi guru dalam meningkatkan kinerja di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal. Adapun aspek yang diteliti meliputi sertifikasi, kinerja guru disertifikasi, faktor pendukung dan penghambat, serta strategi guru sertifikasi dalam meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian Studi Kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, serta Perwakilan Guru yang telah disertifikasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara, serta dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari menelaah seluruh data hasil wawancara dan studi dokumentasi, dilanjutkan dengan melakukan reduksi data, menyajikan data dan verifikasi data untuk dapat mengambil kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Kinerja guru tersertifikasi di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal telah memenuhi kriteria kinerja dan tugas guru sesuai dengan apa yang telah ditetapkan; (2) Pemanfaatan sertifikasi guru di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal sangat berperan dalam meningkatkan kinerja, motivasi belajar, kesejahteraan guru serta beberapa guru tersertifikasi telah melengkapi media yang dapat menunjang kegiatan proses belajar mengajar guru; (3) Faktor penghambat kinerja guru adalah situasi dan kondisi yang tak tentu, serta fasilitas seperti media pembelajaran disekolah yang disediakan sekolah hanya sedikit. Faktor tersebut dapat menghambat guru yang tidak memiliki media pembelajaran pribadi saat proses KBM berlangsung; (4) Kompetensi guru tersertifikasi di SMP Negeri 1 Kuala Tungkal sudah sesuai dengan apa yang telah dijadikan kriteria atau syarat untuk menjadi guru profesional atau guru tersertifikasi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan |
Depositing User: | CHIKA SHAHNAZ H |
Date Deposited: | 27 Dec 2018 01:16 |
Last Modified: | 27 Dec 2018 01:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6487 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |