GAMBARAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA NON PONDOK PESANTREN PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI

Zakiya, Zahra (2024) GAMBARAN RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA NON PONDOK PESANTREN PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
SKRIPSI ZAHRA ZAKIYA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran resiliensi akademik mahasiswa non pondok pesantren program studi Pendidikan Bahasa Arab angkatan 2021 & 2022 Universitas Jambi dan bentuk kesulitan akademik beserta upaya yang mahasiswa lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi pada 25 Februari 2024. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan wawancara terhadap mahasiswa (sebagai data utama), dan dokumentasi (sebagai data pendukung). Setelah itu data dianalisis menggunakan teknik triangulasi dan disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menemukan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan resiliensi akademik yang berbeda-beda. Peneliti mengelompokkan mahasiswa berdasarkan karakteristik dimensi akademik yang mereka miliki. Sebagian mahasiswa memiliki resiliensi yang sangat baik dikarenakan memenuhi semua dimensi resiliensi akademik. Sebagian besar mahasiswa memiliki resiliensi yang baik dikarenakan memenuhi beberapa dimensi resiliensi akademik. Sebagian kecilnya lagi memiliki resiliensi akademik yang kurang baik dikarenakan tidak memenuhi beberapa dimensi resiliensi akademik dan cenderung memiliki pandangan yang negatif saat mengalami kesulitan akademik. Selain dimensi confidence/self-belief, contor, composure, dan commitment/persistence peneliti menemukan dua dimensi lain yang berperan penting dalam pembentukan resiliensi akademik mahasiswa yaitu nilai ketabahan dan nilai tawakal. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa dapat memaksimalkan resiliensi akademiknya agar dapat melalui setiap kesulitan dengan baik dan melakukan evaluasi terhadap usaha dan upaya yang telah dilakukan agar dapat menilai dan memperbaiki hal-hal yang yang dirasa belum maksimal. Kata kunci: resiliensi akademik, mahasiswa, non pondok pesantren

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: resiliensi akademik, mahasiswa, non pondok pesantren
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Zakiya
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:34
Last Modified: 11 Jun 2024 02:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/64900

Actions (login required)

View Item View Item