HESY AMRULIA, RISMA PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING BERBASIS SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VERTEBRATA DI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER LUAR 1.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
HAL. PENGESAHAN.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB I5.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
Abstract
ABSTRAK Amrulia, Hesy Risma. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Berbasis Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Vertebrata di SMA PGRI 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si (II) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing berbasis Saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi Vertebrata pada ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik siswa kelas X MIA SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian dilaksanakan di SMA PGRI 2 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 2 Kota Jambi pada April 2018. Data peneltian diperoleh dengan cara memberikan tes hasil belajar berupa posttest untuk peniaian ranah kognitif, amgket untuk pennilaian ranah afektif, dan lembar observasi untuk penilaian psikomotor. Setelah eluruh kegiatan selesai dilaksanakan, data dianalisis secara kuatitatif. Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Dapat dilihat nilai rata-rata posttest untuk penilaian ranah kognitif kelas eksperimen 82,90 dan kelas kontrol 76,56 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 2,60 dan nilai ttabel = 1,67, hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Nilai rata-rata lembar observasi penilaian ranah afektif untuk kelas eksperimen 83,48 dan kelas kontrol 77,01 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 6,9 dan nilai ttabel = 1,67, hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Nilai rata-rata lembar observasi penilaian ranah psikomotorik untuk kelas eksperimen 82,41 dan kelas kontrol 82,27 dan berdasarkan uji hipotesis untuk thitung = 2,0 dan nilai ttabel = 1,67, hal ini berarti thitung > ttabel berarti hipotesis diterima. Faktor-faktor yang menyebabkan nilai hasil belajar siswa kelass eksperimen lebih tinggi tersiri atas. Pertama, model ST dapat meningkatkan belajar siswa sehingga siswa menjadi menjadi mengerti dalam pembelajaran yang dijelaskan, sehingga menyebabkan nilai hasil belajar siswa menjadi bagus. Kedua, model ST dapat meningkatkan keaktifan dan pengetahuan siswa lebih mendalam hal ini dikarenakan sebelum siswa belajar materi siswa harus mencari dan mengetahui materi dalam pembelajaran tersebut, siswa menjadi terlatih dalam membaca sumber-sumbe informassi dan siswa menjadi mampu berfikir kritis. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dalam kegiatan pembelajaran, Khusus nyakegiatan dalam pembelajaran kelompok yang membuat siswa menjadi antusias dalam pembelajaran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | RISMA HESY AMRULIA |
Date Deposited: | 28 Dec 2018 04:15 |
Last Modified: | 28 Dec 2018 04:15 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |