PENGEMBANGAN MAJALAH BIOLOGI (BIOMAGZ) MATERI KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI

FITRIANA, DINA PENGEMBANGAN MAJALAH BIOLOGI (BIOMAGZ) MATERI KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGEMBANGAN MAJALAH BIOLOGI (BIOMAGZ) MATERI KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM BIOLOGI UNTUK SISWA KELAS X MIA SMA XAVERIUS 2 KOTA JAMBI.

[img] Text
COVER LUAR.pdf

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (764kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (291kB)

Abstract

ABSTRAK Fitriana, Dina. 2018. Pengembangan Majalah Biologi (BIOMAGZ) Materi Keselamatan Kerja Di Laboratorium Biologi Untuk Siswa Kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Retni S. Budiarti, S.Pd., M.Si (II) Dra. Hj. Harlis, M.Si. Kata Kunci: Majalah biologi, BIOMAGZ, Keselamatan Kerja, Laboratorium Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi pada permasalahan dalam pemahaman keselamatan kerja di laboratorium biologi dengan cara mengembangkan sumber pembelajaran berupa majalah biologi (BIOMAGZ) materi keselamatan kerja di laboratorium biologi untuk siswa kelas X MIA SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Xaverius 2 Kota Jambi. Data penelitian diambil pada 2 Oktober 2018 dan diperoleh dengan cara memberikan angket kepada validator ahli media, validator ahli materi, kelompok kecil yang terdiri dari 6 orang siswa, kelompok besar yang terdiri dari 19 orang siswa, 1 orang guru bidang studi biologi dan 1 orang laboran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar. Hal ini ditunjukkan dari persentase proses validasi media dan materi yang dilakukan sebanyak 3 kali terus mengalami peningkatan. Persentase validasi tahap I media yaitu 60% dan materi 61,25% dalam kategori “tidak baik”, kemudian mengalami peningkatan pada tahap II media yaitu 75% dan materi 66,25% dalam kategori “baik” dan akhirnya pada tahap III media yaitu 95% dan materi 88,75% dalam kategori “sangat baik”. Hasil penilaian oleh 1 orang guru bidang studi biologi dengan persentase 97,5% dalam kategori “sangat baik”. Hasil penelitian oleh 1 orang laboran dengan persentase 92,5% dalam kategori “sangat baik”. Ujicoba siswa dalam kelompok kecil mendapatkan persentase 79,1% dalam kategori “Baik” dan ujicoba siswa dalam kelompok besar mendapatkan persentase 84,8% dalam kategori “sangat baik”. Saran perbaikan pada majalah ini meliputi ukuran huruf yang terlalu kecil, pengaturan warna background dan cakupan informasi yang masih belum lengkap dikarenakan materi yang cukup banyak. Sehingga setelah proses validasi dan ujicoba terdapat saran dan komentar yang dapat membuat produk menjadi lebih baik. Dari hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa majalah biologi yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar. Kekurangan pada produk ini dapat diperbaiki pada penelitian pengembangan selanjutnya yang relevan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: DINA FITRIANA
Date Deposited: 28 Dec 2018 04:35
Last Modified: 28 Dec 2018 04:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6497

Actions (login required)

View Item View Item