Jazuli, Samara Alifa (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. S1 thesis, Universitas.
Text
ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (268kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (118kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (276kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran berbentuk komik matematika menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi sebagai tim ahli validasi, guru matematika dan siswa kelas IX H SMP N 18 Kota Jambi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu perolehan persentase validasi materi sebesar 82,6% dengan kategori “sangat valid”, perolehan persentase validasi desain sebesar 74,28% dengan kategori “valid”, perolehan persentase praktikalitas guru sebesar 94% tergolong “sangat praktis”, perolehan persentase praktikalitas siswa sebesar 85,26% dengan kategori “sangat praktis”, perolehan persentase efektifitas respon siswa sebesar 83,04% dengan kategori “sangat efektif” dan perhitungan N-gain dalam peningkatan kemampuan literasi matematis siswa sebesar 74% dengan kategori “cukup efektif”. Maka disimpulkan bahwa dalam penelitian ini menunjukan komik matematika menggunakan model PBL dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa layak digunakan ketika proses pembelajaran karena memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dapat meningkat dengan komik matematika menggunakan model PBL.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komik Matematika, PBL, Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | JAZULI |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 08:24 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 08:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65007 |
Actions (login required)
View Item |