PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG MUARA BULIAN

AFRIZAL, AFRIZAL PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG MUARA BULIAN. JURNAL PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG MUARA BULIAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (742kB)
[img]
Preview
Image
pengesahan.jpg

Download (493kB) | Preview
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Afrizal. “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 182/I Hutan Lindung”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Yantoro, M.Pd (2) Panut Setiono, S.Pd M.Pd Kata kunci : peran guru, minat belajar Penelitian ini berjudul peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung yang membahas tentang peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ada sepuluh cara yang dilakukan oleh guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Namun, dari hasil penelitian yang dijelaskan diatas, hanya terdapat delapan cara guru dalam menjalankan perannya sebagai motivator. Delapan cara tersebut yakni: menggunakan metode yang variatif, menciptakan persaingan atau kompetisi, memberi evaluasi atau ulangan, memberi nilai atau angka, memberitahukan hasil belajar, memberi hadiah, memberi pujian, dan memberi hukuman. Sedangkan dua cara yang tidak terlihat selama penelitian yakni membantu kesulitan belajar dan membentuk kebiasaan yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas III di SD Negeri 182/I Hutan Lindung, adalah 1) Menggunakan metode yang bervariasi, 2) Menciptakan persaingan/kompetisi, 3) Memberi evaluasi/ulangan, 4) Memberi nilai atau angka, 5) Memberitahukan hasil belajar siswa, 6) Memberi hadiah kepada siswa, 7) Memberi pujian, 8) Memberi hukuman jika tidak mengerjakan tugas.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AFRIZAL
Date Deposited: 04 Jan 2019 03:57
Last Modified: 04 Jan 2019 03:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6501

Actions (login required)

View Item View Item