Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Pada Kelas II Di Sekolah Dasar

Ahmadi Yanti, Yulia (2024) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Pada Kelas II Di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (335kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

penelitan ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model cooperative learning terhadap kemampuan siswa kelas II di Sekolah dasar dalam memahami konsep dasar perkalian. Metode penelitian ini ialah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen ini menggunaakan Quasi Experimental Design. Penelitian ini mengadopsi desain Pre-Test Post-Test With Nonequivalent Group, yang dimana dilakukan pengukuran sebelum diberi perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test) pada ketiga kelompok dan tiap kelompok tersebut tidak dipilih secara acak. Penelitian ini dilakukan di SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas II yang terdiri dari tiga kelas dengan masing-masing kelas memiliki 23 siswa dan jumlah sampe yang akan digunakan sebanyak 69 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui soal pre-test dan soal post-test. Setelah itu data dianalis untuk mendapatkan hasil uji beda rata-rata atau dengan uji One Way Anova berbantuan software SPSS 20. Berdasarkan hasil uji prasyarat sebelum melakukan uji hipotesis, hasil mengujikan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas yang diketahui bahwa nilai signifikasi nya diperoleh 0,684 > 0,05 maka nilai data berdistribusi normal dengan keputusan uji yaitu H0 diterima. Hasil uji homogenitas memperoleh nilai sig. 0,969 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa H0 diterima atau nilai tes pemahaman konsep dasar perkalian siswa dari ketiga kelompok memiliki varians yang sama. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji ANOVA, hasil yang diperoleh yaitu nilai F sebesar 5,731 dan nilai sig. 0,005, jika nilai 0,005 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Untuk membuktikan apakah perbedaan tiap variabel tersebut signifikan, maka tahap selanjutnya yaitu uji lanjut atau uji Post Hoc Test dengan Variances Assumed Bonferroni dan Tukey. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan bahwa adanya pengaruh model Cooperative Learning terhadap pemahaman konsep dasar perkalian siswa pada kelas II di sekolah dasar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Pemahaman Konsep, Perkalian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Yanti
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:44
Last Modified: 12 Jun 2024 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65022

Actions (login required)

View Item View Item