ALFIANA, ALFIANA PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI AUDIO VIDEO SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI.
Text
Cover.doc Download (509kB) |
||
|
Image
pengesahan.jpg Download (3MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
||
Text
BAB I des' 2018.doc Download (83kB) |
||
Text
BAB V fix vina.doc Download (37kB) |
Abstract
ABSTRAK Alfiana. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Audio Video SMK Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Administrasi Pendidikan, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Mohamad Muspawi, M.Pd.I,. Pembimbing (II) Dr. H. Firman Khaidir, M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Kreatif-Produktif, Motivasi Belajar. Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Guru sebagai fasilitator harus mampu memberikan pelayanan kepada setiap siswa agar mereka dapat berkembang secara maksimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki dan mampu mewujudkan peluang untuk berprestasi serta memecahkan permasalahan dalam belajar. Penggunaan strategi pembelajaran kreatif-produktif guru mempunyai peranan penting dalam menciptakan kondisi pembelajaran yang dapat melibatkan aktivitas siswa. Penggunaan strategi pembelajaran yang Kreatif-Produktif akan dapat dijadikan sebagai alat motivasi ekstrinsik dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan Penelitian ini untuk melihat pengaruh strategi pembelajaran Kreatif-Produktif guru terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Audio Video SMK N 3 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dianalisis dengan analisis regresi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Audio Video SMK Negeri 3 Kota Jambi. Teknik penetapan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Total Sampling, Sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa angket. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kreatif-Produktif guru terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,792 dan R2 sebesar 0,398. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan diperoleh nilai thitung sebesar 6,295 > ttabel 2,000, maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel strategi pembelajaran (X) berpengaruh terhadap variabel motivasi belajar (Y). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial strategi pembelajaran Kreatif-Produktif guru berpengaruh terhadap motivasi siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan strategi pembelajaran yang Kreatif-Produktif sehingga dapat memotivasi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ALFIANA |
Date Deposited: | 04 Jan 2019 03:57 |
Last Modified: | 04 Jan 2019 03:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6508 |
Actions (login required)
View Item |