Prasetio, Feddy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MESIS MADU BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
FEDDY PRASETIO (P2A622007).pdf Download (6MB) |
|
Text
Cover.pdf Download (96kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan dan Persetujuan.pdf Download (699kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (737kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (580kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (538kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif mesis madu berbasis android untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan peningkatan aktivitas belajar siswa di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan pendekatan gabungan kualitatif dan kuantitatif (mix methode). Penelitian ini menggunakann metode penelitian model ADDIE (Analysis-Design-Development-Implementation-Evaluation). Penelitian ini menggunakan sumber data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan terhadap subyek penelitian yaitu Siswa-Siswi Kelas V dan Guru di Sekolah Dasar Negeri 73/X Bandar Jaya, Kecamatan Rantau Rasau, Kab. Tanjung Jabung Timur. Pengembangan dilakukan terhadap materi harmoni dalam ekosistem pada pembelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar yaitu berbentuk media pembelajaran interaktif mesis madu berbasis android. Penelitian ini juga telah divalidasi dengan validator ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa dan ahli media. Hasil validasi oleh validator ahli pada penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 95% dimana, validator materi memberikan penilaian sebesar 94%, validator bahasa memberikan penilaian sebesar 100% dan validator media memberikan nilai sebesar 92%. Kemudian, hasil kepraktisan penelitian ini menunjukkan persentase keberhasilan sebesar 98% dari peserta didik dan hasil kepraktisan oleh pendidik sebesar 98%. Selanjutnya produk diuji untuk mengukur keaktifan belajar siswa dilakukan pengujian produk dan menghasilkan presentase keaktifan belajar siswa sebesar 83%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dilakukan oleh peneliti berkategori sangat valid dan praktis digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPAS di Kelas V Sekolah Dasar. Kata kunci: Media Pembelajaran; Interaktif; Aktifitas Belajar; Mesis Madu; IPAS.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | FEDDY PRASETIO |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 07:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 07:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65106 |
Actions (login required)
View Item |