Krismo, Alan (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Pada Mata Pelajaran Seni Budaya. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstract alan upload.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
cover tesis alan upload.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
![]() |
Text
full tesis alan 12 juni 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Pengesahan upload alan.pdf Download (713kB) |
Abstract
ABSTRAK Alan Krismo. 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Seni Rupa Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Smp Pada Mata Pelajaran Seni Budaya”. Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Jambi. Tesis. Pembimbing (I)Akhmad Habibi,Ph.D. Pembimbing (II) Dr. Sofyan, M.Pd Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Pewarnaan Dasar, Model ADDIE Dunia pendidikan saat tidak terlepas dari yang seni, hal ini dibuktikan dengan adanya pembelajaran seni budaya di sekolah mulai dari tingkat dasar sampai tingkat atas. Beragam upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik belajar secara mandiri. Modul seni rupa diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar secara menyeluruh, dengan melibatkan aspek kognitif, emosional dan fisik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, desain dan pengembangan modul pembelajaran, menilai kelayakan modul pembelajaran seni rupa tentang proses pewarnaan dasar secara teori, konseptual dan praktik. Metode yang digunakan dalam pengembangan ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pada penelitian pengembangan modul pembelajaran seni budaya tentang proses pewarnaan dasar di SMP subjek uji cobanya adalah siswa berumur 13-14 tahun dengan berbagai tingkat kemampuan dalam memahami materi yang disampaikan di kelas VII SMP Negeri 2 Merlung Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dalam Penelitian ini instrument yang digunakan oleh peneliti adalah angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data skala likert. hasil validasi oleh ahli materi adalah 94,00%dengan kategori sangat layak dan rata-rata hasil validasi ahli media adalah 92,00% dengan kategori sangat layak yang artinya modul pembelajaran sangat layak untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya yaitu uji coba kepada para siswa. ABSTRACT Alan Krismo. 2024. “Development of Fine Arts Learning Modules to Increase Middle School Students' Creativity in Arts and Culture Subjects." Jambi University Postgraduate Educational Technology Masters Study Program. Thesis. Supervisor (I) Akhmad Habibi, Ph.D. Supervisor (II) Dr. Sofyan, M.Pd Keywords: Learning Module, Basic Coloring, ADDIE Model The world of education is currently inseparable from art, this is proven by the existence of arts and culture learning in schools from elementary to senior levels. Various efforts continue to be made to improve the quality of education, one of which is by developing teaching materials in the form of learning modules that students can use to study independently. The fine arts module is expected to provide opportunities for students to learn holistically, involving cognitive, emotional and physical aspects. The aim of this research is to describe the planning, design and development of learning module, assessing the feasibility of fine arts learning modules regarding basic coloring processes theoretically, conceptually and practically. The method used in this development is the research and development (R&D) method. Researchers use the ADDIE development model which consists of five development stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. In research on the development of an arts and culture learning module about the basic coloring process in junior high schools, the test subjects were students aged 13-14 years with various levels of ability in understanding the material presented in class VII of SMP Negeri 2 Merlung, West Tanjung Jabung Regency. In this research, the instrument used by the researcher was a student response questionnaire. The data analysis technique used is Likert scale data analysis. The validation results by material experts were 94.00% in the very feasible category and the average media expert validation results were 92.00% in the very feasible category, which means that the learning module was very suitable to be continued to the next stage, namely testing with students.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran, Pewarnaan Dasar, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Alan Krismo |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 11:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65166 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |