Ifliadi, Ilham (2024) PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.
Text
Cover.pdf Download (226kB) |
|
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (140kB) |
|
Text
Full Tesis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (377kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (203kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (431kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran IPAS, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis pada pembelajaran IPAS di SDN 19/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDN 19/IV Kota Jambi. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dari penelitian ini ada 1 kepala sekolah, 1 guru kelas IV, dan 2 Peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 19/IV Kota Jambi melalui tahap 1). Perencanaan dilakukan dengan melakukan rapat tahunan mengenai program yang akan dilaksanakan, guru melakukan asesmen diagnostik guna melihat kemampuan dari peserta didik dan melakukan pemetaan, menentukan topik, menyusun perangkat ajar seperti menyusun modul ajar LKPD dan instrumen penilaian, 2). Pelaksanaan, yaitu penerapannya memfokuskan dimensi bernalar ktitis sebagai dimensi yang dikembangkan untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tiga indikator seperti peserta didik memperoleh dan memproses informasi dan gagasan, peserta didik mampu menganalisis dan mengevaluasi penalaran, serta peserta didik bisa melakukan refleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri, 3). Evaluasi, didalam evaluasi terdiri dari evaluasi formatif dan sumatif. Adapun Faktor pendukung penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis ini adalah dukungan dari berbagai pihak seperti kepala sekolah, guru, komite sekolah, orangtua, siswa dan pemerhati pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu 1) guru yang kebingungan mengerjakan modul dan masih belajar, 2) waktu pengerjaan modul, 3) pengetahuan dan pemahaman mengenai nilai keadilan, 4) kesadaran akan lingkungan sekitar, 5) dan pengimplementasian profil pelajar Pancasila yang tergolong masih rendah
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Profil Pelajar Pancasila, Bernalar Kritis, Pembelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | ILHAM IFLIADI |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:44 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65177 |
Actions (login required)
View Item |