FADILAH, NURUL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA ISLAM JAUHARUL FALAH MUARO JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA SWASTA ISLAM JAUHARUL FALAH MUARO JAMBI.
Text
COVER.docx Download (232kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (25kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (19kB) |
Abstract
ABSTRAK Fadilah, Nurul. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Terhadap Keaktifan Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMA Swasta Islam Jauharul Falah Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Hj. May Maemunah, ME., (II) Dr. Rosmiati, M.Pd Kata Kunci: Think-Pair-Share, Hasil Belajar, Konvensional Ketika proses pembelajaran ekonomi masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar yang didapatkan. Hal ini ditandai dengan siswa mengobrol diluar konteks pembelajaran saat proses pembelajaran berlangsung, siswa lambat mengerjakan tugas dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta Islam Jauharul Falah Muaro Jambi pada Agustus 2018. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan tes, hasil penghitungan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model Think-Pair-Share terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan melalui hasil penghitungan yang semula rata-rata nilainya 50,96 menjadi 62,06 hasil ini diperkuat dengan perhitungan uji-t sebesar 2,232. Dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai t tabel 1,677. Dengan demikian t hitung> t tabel atau 2,232>1,677, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan hasil belajar siswa yang menggunakan model Think-Pair-Share lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model Konvensional pada siswa SMA Swasta Islam Jauharul Falah Muaro Jambi. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka, sebaiknya dalam melakukan pengajaran menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share khususnya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURUL FADILAH |
Date Deposited: | 08 Jan 2019 02:48 |
Last Modified: | 08 Jan 2019 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6519 |
Actions (login required)
View Item |