Alfadila, Anisa (2024) Uji Validitas Isi Modul Storytelling dengan Media Boneka Tangan dalam Melatih Kemampuan Regulasi Emosi Anak Usia Dini di TK Sabilunnisa Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
Skripsi_Anisa Alfadila.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (586kB) |
Abstract
UJI VALIDITAS ISI MODUL “STORYTELLING” DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MELATIH KEMAMPUAN REGULASI EMOSI ANAK USIA DINI DI TK SABILUNNISA MUARO JAMBI 1Anisa Alfadila, 2Marlita Andhika Rahman, 3Verdiantika Annisa 1Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ anisaalfdl01@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ marlita.rahman@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Jambi/ verdiantikaannisa@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG : Anak usia dini merupakan individu yang berada dalam suatu masa tumbuh kembang. Usia dini sering disebut sebagai “golden age period”, yang mana memiliki makna sebagai masa emas bagi seluruh tahapan perkembangan anak, baik fisik, motorik, kognitif, emosi dan sosial. Kemampuan meregulasi emosi merupakan kemampuan untuk mengatur dorongan emosi yang dirasakan oleh individu agar dapat merespon atau berperilaku secara tepat maupun benar sesuai dengan situasinya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam melatih kemampuan regulasi emosi pada anak usia dini adalah dengan menggunakan kegiatan storytelling. Storytelling adalah proses penyampaian sebuah cerita yang mana di dalamnya terdapat nilai atau unsur penting yang dapat dijadikan sebagai sebuah pelajaran. TUJUAN : Mengetahui hasil validitas isi modul storytelling dengan media boneka tangan dalam melatih kemampuan regulasi emosi anak usia dini di TK Sabilunnisa METODE : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian research and development (R&D), dimana peneliti mengambil salah satu tahapan R&D yaitu uji validitas isi. Modul ini dinilai oleh satu validator psikolog bidang pendidikan, satu validator penulis, dan satu validator guru TK. HASIL : Penelitian ini menunjukkan validasi isi modul memiliki angka skor Aiken’s V dengan rentang 0,75 hingga 0,85. Hasil validasi lembar penilaian Aiken’s V instrumen kemampuan regulasi emosi anak usia dini sebagai pretest dan posttest memiliki rentang skor dari 0,67 hingga 0,92. Berdasarkan hasil uji validitas isi, modul storytelling dengan media boneka tangan ini dinyatakan valid secara isi dengan beberapa saran perbaikan dari validator. KESIMPULAN : Modul storytelling dengan media boneka tangan dalam melatih kemampuan regulasi emosi anak usia dini dapat disimpulkan valid. KATA KUNCI : Uji validitas isi, modul, storytelling, anak usia dini, regulasi emosi. CONTENT VALIDITY OF THE “STORYTELLING” MODULE WITH HAND PUPPET MEDIA IN TRAINING EARLY CHILDHOOD EMOTION REGULATION SKILLS AT SABILUNNISA MUARO JAMBI KINDERGARTEN 1Anisa Alfadila, 2Marlita Andhika Rahman, 3Verdiantika Annisa 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University/ anisaalfdl01@gmail.com 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University / marlita.rahman@unja.ac.id 1Departement of Psychology, Faculty of Medicine and Health Science, Jambi University / verdiantikaannisa@unja.ac.id ABSTRACT BACKGROUND: Early childhood is an individual who is in a period of growth and development. Early age is often referred to as the "golden age period", which means it is a golden period for all stages of child development, both physical, motor, cognitive, emotional and social. The ability to regulate emotions is the ability to regulate the emotional impulses felt by individuals in order to respond or behave appropriately or correctly according to the situation. One of the efforts that can be made in training the ability of emotional regulation in early childhood is by using storytelling activities. Storytelling is the process of delivering a story in which there are important values or elements that can be used as a lesson. OBJECTIVE: To determine the content validity of the storytelling module with hand puppet media in training the ability of early childhood emotional regulation at Sabilunnisa Kindergarten. METHOD: This study uses a quantitative approach with a type of research and development (R&D) research, where researchers take one of the R&D stages, namely content validity testing. This module was assessed by one educational psychologist validator, one author validator, and one kindergarten teacher validator. RESULTS: This study shows that the module content validation has an Aiken's V score with a range of 0.75 to 0.85. The results of the validation of the Aiken's V assessment sheet of the early childhood emotion regulation ability instrument as a pretest and posttest have a score range from 0.67 to 0.92. Based on the results of the content validity test, the storytelling module with hand puppet media is declared content valid with some suggestions for improvement from the validator. CONCLUSIONS: The storytelling module with hand puppet media in training early childhood emotion regulation skills can be concluded as valid. Keywords : Content validity test, module, storytelling, early childhood, emotion regulation.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi |
Depositing User: | alfadila |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 03:08 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 05:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |