¬ANALISIS GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL DALAM IKLAN D’RADIO 104.3 FM JAMBI PERIODE TAHUN 2022

MAULANA PANGESTU, YOGA (2024) ¬ANALISIS GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL DALAM IKLAN D’RADIO 104.3 FM JAMBI PERIODE TAHUN 2022. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (279kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (286kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pangestu, Yoga Maulana. (2023). Analisis Gramatikal dan Leksikal dalam Iklan D’Radio 104.3 FM Jambi Periode Tahun 2022, Program Studi Sastra Indonesia, Jurusan Sejarah, Seni, dan Arkeologi, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Ernanda, M.A., Ph.D. (II) Anggi Triandana, S.Pd., M.A. Kata kunci: Gramatikal, Leksikal, Iklan Radio Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk gramatikal dan leksikal yang terdapat pada iklan produk di D’Radio 104.3 FM Jambi periode tahun 2022. Jenis kohesi gramatikal yang diteliti meliputi pengacuan, penyulihan, ellipsis, dan perangkaian. Sementara kohesi leksikal yang diteliti meliputi pengulangan, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan berdasarkan kajian mikrolinguistik untuk mengetahui kohesi gramatikal dan leksikal. Data pada penelitian ini diperoleh dengan cara teknik catat pada teks adlibs iklan D’radio periode 2022 yang telah diarsipkan oleh D’radio 104.3 FM. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan untuk menganalisa jenis dan bentuk kohesi gramatikal dan leksikal pada adlibs iklan D’Radio 104.3 FM Jambi, peneliti menemukan total 28 data mencakup kohesi gramatikal dan leksikal pada adlibs iklan D’Radio 104.3 FM Jambi periode tahun 2022. Data yang ditemukan ada sebanyak 23 data gramatikal dan 29 data leksikal potongan berupa kutipan dari kalimat, frasa dan kata. Bentuk gramatikal adlibs iklan D’Radio 104.3 FM Jambi 2022 mencakup 23 data terbagi menjadi 10 data pengacuan (reference), 4 data penyulihan (substitution), 6 data ellipsis, dan 3 data perangkaian. Bentuk gramatikal pada iklan terikat pada konteks pemakaian bahasanya dengan mengalami proses kebahasaan (gramatikal). Sementara 29 data leksikal terbagi dalam 7 data pengulangan (repetisi), 6 data sinonimi, 4 data antonimi, 2 data kolokasi, 9 data hiponimi, dan 1 data ekuivalensi. Penggunaan bentuk kohesi leksikal ini dapat memudahkan pendengar untuk menafsirkan maksud penyiar karena sering ditemui dalam dialog sehari-hari. Dengan mengetahui bentuk kohesi gramatikal dan leksikal, maka dapat diidentifikasi bagaimana iklan radio membangun narasi serta pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar agar lebih menarik dalam memasarkan produk atau layanan.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gramatikal, Leksikal, Iklan Radio
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Sasra Indonesia
Depositing User: PANGESTU
Date Deposited: 13 Jun 2024 06:40
Last Modified: 13 Jun 2024 06:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65252

Actions (login required)

View Item View Item