Ulfa, Nazia (2018) HUBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. perilaku menyontek, kontrol diri. (Unpublished)
Text
cover[1].pdf Download (38kB) |
|
Text
img081[1].pdf Download (234kB) |
|
Text
BAB_I[1].pdf Download (141kB) |
|
Text
BAB_V[1].pdf Download (53kB) |
Abstract
ABSTRAK Nazia Ulfa, 2018. “Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Menyontek Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi”. Perilaku menyontek adalah niat atau keinginan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan curang, tidak jujur, dan tidak diperbolehkan oleh peraturan ujian atau pun guru untuk mendapatkan jawaban pada saat tes,ujian atau ulangan untuk memperoleh nilai secara tidak sah dengan mengandalkan orang lain, memanfaatkan informasi dari luar,atau sarana tertentu. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan tingkat kontrol diri siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi berdasarkan aspek kemampuan mengontrol perilaku, kemampuan memodifikasi stimulus, kemampuan melakukan penilaian, kemampuan untuk melawan godaan,dan kemampuan mengontrol keputusan., (2) mendeskripsikan intensi perilaku menyontek siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi berdasarkan aspek perilaku, sarana, situasi dan waktu, dan (3) mendeskripsikan hubungan antara kontrol diri dengan intensi perilaku menyontek pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional, dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi, dengan jumlah sampel sebanyak 81 orang, yang dipilih dengan teknik simple random sampling dan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Tujuan Penelitian pertama, kedua dianalisis dengan teknik persentase, tujuan penelitian ketiga dianalisis dengan teknik analisis Pearson Product Moment. Temuan penelitian ini: (1)Secara rata-rata keseluruhan perilaku menyontek siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 53,66%, (2)Secara rata-rata keseluruhan kontrol diri siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,86%, (3) berdasarkan tabel corelations menunjukkan hubungan kontrol diri dengan intensi perilaku menyontek sangat kuat negatif yaitu -0,239 dengan signifikan 0,031, (4) Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi, maka semakin rendahintensi perilaku menyontek siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi, begitu juga sebaliknya semakin rendah kontrol diri yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi, maka semakin tinggi intensi perilaku menyontek siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi Kata Kunci: Perilaku menyontek, kontrol diri
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | NAZIA ULFA |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 01:56 |
Last Modified: | 09 Jan 2019 01:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6527 |
Actions (login required)
View Item |