Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi

Anggraini, Vica Nurista (2014) Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
27-12-SKRIPSI FIKA - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN,PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Anggraini, Vica Nurista. 2024. Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D., (II) Lusia Oktri Wini, M.Pd. Kata Kunci: media audiovisual, teks berita Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran teks berita siswa kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VII A SMPN 30 Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data pada penelitian diperoleh dengan cara hasil menulis teks berita siswa kelas VII, penyebaran angket kepada siswa, dan wawancara guru bidang studi Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam menulis teks berita menggunakan media audiovisual. Guru meminta siswa memperhatikan video pembelajaran materi teks berita yang sedang di tayangkan. Kemudian siswa diminta untuk menulis teks berita dari video yang berisi contoh teks berita banjir di daerah kerinci, jambi. Dari hasil angket yang telah disebar dan diisi oleh siswa, disimpulkan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks berita mendapat pengaruh yang baik terhadap hasil menulis teks berita siswa. Secara keseluruhan sebanyak 92% siswa menilai sangat setuju mengenai penggunaan media audiovisual membantu siswa dalam memahami teks berita serta dapat membantu siswa dalam memudahkan menulis teks berita. Dengan adanya video pembelajaran tersebut, siswa merasa tidak bosan karena adanya video dan gambar yang menarik. Hasil kerja siswa menunjukan 11 siswa memperoleh nilai rata-rata 97 dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menambah ilmu, wawasan dan pemahaman terhadap penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks berita siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Anggraini
Date Deposited: 14 Jun 2024 02:11
Last Modified: 14 Jun 2024 02:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/65290

Actions (login required)

View Item View Item