PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIC SMPN 22 KOTA JAMBI

Yansyah, Ardi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIIC SMPN 22 KOTA JAMBI. Ardiyansyah.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (57kB)
[img] Text
z Halaman Pengesahan.pdf

Download (243kB)
[img] Text
z DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
10. BAB I Adobe flash.pdf

Download (218kB)
[img] Text
10. BAB V Adobe flash.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Ardiyansyah.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Vii Smp N 22 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan FKIP Universitas Jambi Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ekawarna, M.Psi; Dan Pembimbing (II) Iwan Putra, SE., M.S,Ak; Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6 Penggunaan media pembelajaran disekolah masih sangat minim, dikarenakan masih kurangnya pengetahuan guru mengenai media pembelajaran yang dapat dikembangkan dan digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar, sehingga guru harus benar-benar menjelaskan pelajaran secara manual yaitu dengan menggunakan media papan tulis. Akibatnya seringkali partisipasi siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran yang menyebabkan kelas sering tidak kondusif, interaksi siswa terhadap pembelajaran rendah, serta siswa kurang tertarik atau kurang perhatian terhadap pembelajaran. Sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai sacara maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan oleh guru adalah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi adobe flash CS6. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk media pembelajaran menggunakan aplikasi adobe flash CS6 untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media pembelajaran pada proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan langkah-langkah model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian validasi materi, media, angket tanggapan guru dan angket respon siswa. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe flash CS6 dengan model pengembangan ADDIE dan divalidasi oleh tim ahli media dan materi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) hasil angket dari ahli materi 95% (Sangat layak), hasil angket dari ahli media 90% (sangat layak), hasil angket tanggapan guru 91,7% (sangat layak), hasil angket tanggapan kelompok kecil 93,3% (sangat layak), dan hasil angket tanggapan untuk kelompok besar yang terdiri dari siswa 93,6% yang dikategorikan “sangat layak”. Respon siswa terhadap penggunaan media Adobe flash CS6 dapat dilihat dari hasil nilai dari pretest dan postest, dari hasil nilai dari pretest dan postest didapat bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 34,18%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menggunakan media pembelajaran Dari hasil pembahasan dan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe flash CS6 layak untuk digunakan sebagai bahan ajar guna memenuhi tuntutan kebutuhan pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ARDIYANSYAH
Date Deposited: 09 Jan 2019 01:55
Last Modified: 09 Jan 2019 01:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item View Item