FATMALIYAH, FATMALIYAH PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERANAN ARTHROPODA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI PERANAN ARTHROPODA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.
Text
cover fatma.docx Download (47kB) |
||
|
Image
PENGESAHAN.jpg Download (579kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (24kB) |
||
Text
BAB I fatma.docx Download (23kB) |
||
Text
BAB V fatma.docx Download (18kB) |
Abstract
ABSTRAK Fatmaliyah. 2018. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Kontekstual pada materi Peranan Arthropoda dalam Kehidupan Manusia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi”: Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Hj. Asni Johari, M.Si., (II) Dr. Dra Evita Anggereini, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: model problem based learning, berpikir kritis Salah satu permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah. Hal ini dikarenakan banyaknya materi berkaitan dengan hafalan yang membuat siswa tidak mampu memahami materi sepenuhnya. Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan dalam diri siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami materinya, paham terhadap masalah yang terjadi, mampu memahami dan menyelesaikan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa yaitu model pembelajaran PBL. Keterampilan berpikir kritis siswa akan digunakan dalam melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh penerapan model pembelajaran PBL berbasis kontekstual pada materi peranan Arthropoda dalam kehidupan manusia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Jenis penelitian ini merupakan true-eksperimen. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas , yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa tes essay (uraian) dan wawancara. Tes yang digunakan disesuaikan karakteristik soal berpikir kritis serta telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil tes yang telah didapat kemudian dianalisis. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan nilai rata-rata ketercapaian indikator pada kelas eksperimen 71,21 sedangkan pada kelas kontrol 67,63. Hasil rata-rata analisis gain, didapatkan hasil pada kelas eksperimen 60,3 yang berarti nilai selisih antara pretest daan posttest tinggi, sedangkan pada kelas kontrol didapatkan 53 yang bearti rendah. Analisis gain bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa setelah mengikuti pembelajaran. Hasil analisis uji- t yang dilakukan, diperoleh bahwa thitung 4,26 > ttabel 2,02, hal ini bearti hipotesis diterima. Hasil wawancara pada siswa menunjukan respon yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis kontekstual pada materi peranan Arthropoda dalam kehidupan manusia berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | FATMALIYAH |
Date Deposited: | 10 Jan 2019 03:24 |
Last Modified: | 10 Jan 2019 03:24 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/6535 |
Actions (login required)
View Item |